• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Gaya Hidup

Biro Humas dan Protokol Setda Sulsel Kampanye Pengurangan Penggunaan Plastik

4 September
17:00 2019
0 Votes (0)

KBRN, Makassar : Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulawesi Selatan  melakukan kampanye pengurangan penggunaan plastik. Terutama single use plastic, misalnya wadah minum gelas plastik. 

Kampanye tersebut dengan tema "Less Plastic Save The Earth", kegiatan ini dilaksanakan berbarengan dengan Pameran Foto 1 Tahun Kepemimpinan Gubernur-Wakil Gubernur Sulsel serta Penyerahan Hadiah Lomba Foto Instagram Humas Sulsel #SulselMembangunIndonesiaUnggul di Humas Corner, Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (4/9/19).

Pada kesempatan ini Wagub membagikan tumbler kepada staf Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulsel, serta kepada awak media posting di Kantor Gubernur. 

"Alhamdulillah, paling tidak, dengan adanya botol ini, bisa mereduksi plastik kita di Sulsel, beberapa kabupaten/kota juga sudah memulai," kata Andi Sudirman Sulaiman. 

Wagub juga menyampaikan selalu membawa tumbler untuk wadah minum. Pemprov juga diketahui memerintahkan OPD yang ada untuk mengurangi penggunaan wadah plastik dalam setiap kegiatan. 

"Ibu Gub dan Wagub juga ke sana kemari untuk juga mengkampanyekan less plastic ini," ujarnya. 

Sementara Kepala Biro Humas dan Protokol Devo Khaddafi menyampaikan bahwa kampanye ini merupakan bentuk terhadap banyaknya sampah plastik, termasuk dilingkup kantor pemerintahan. Selain itu untuk berkontribusi kecil dalam upaya pengurangan plastik secara nasional. Diketahui Indonesia adalah negara dengan penyumbang sampah plastik terbesar ke laut setelah Tiongkok. 

"Kami membuat langkah kecil. Dimana semua staf kami berikan secara pelan-pelan akan menggunakan tumbler," jelas Devo. 

Selain itu, ini akan didukung dengan penyediaan dispenser di seluruh Ruangan Humas untuk pengisian ulang,  sehingga tidak ada lagi pembelian botol plastik kecil. 

Humas Sulsel juga bekerja sama dengan Kopi Magi yang merupakan kafe yang ada di Humas Corner untuk ikut terlibat dalam kampanye ini. 

"Juga less plastic, jadi sudah tidak ada sedotan atau straw dan gelas plastik. Tetapi menggunakan dari bahan karton sehingga mudah terurai dan didaur ulang," pungkas Devo.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00