• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

1 September Transaksi Melalui Kliring BI Cepat dan Bisa 9 Kali

31 August
19:21 2019
0 Votes (0)

BRN, Makassar, - Sebagai respon atas perkembangan teknologi saat ini yang mengubah lanskap ressiko secara signifikan yaitu meningkatnya ancaman siber, persaingan monopolistik dan shadow bangking yang dapat mengurangi efektifitas pengendalian monoter, Karena itu BI telah menetapkan lima visi sistem pembayaran indonesia 2025.

Kepada wartawan di Makassar kepala Grup Sistem Pembayaran, pengelolaan Utang rupiah dan layanan Administrasi  bank Indonesia Sulsel Iwan Setiawan memaparkan sebagai salah satu quick win untuk mewujudkan visi SPI 2025 tersebut Bank Indonesia telah melakukan penyempurnaan kebijakan operasional Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri dengan tetap memperhatikan perlindungan kepada nasabah.

Lanjut Iwan, realisasi penyempurnaan yang dimulai pekan nanti yang meliputi penambahan layanan transfer dana yang sebelumnya 5 kali perhari dan nantinya bertambah menjadi 9 kali yaitu pada pukul 08.00, 09.00, 10.00, 11.00, 12.00, 13.00, 14.00 15.00 dan 16.45 waktu Indonesia Barat.

Iwan Setiawan menambahkan percepatan service level Agrement (SLA) sebagai dampak penambahan priode setelmen, pada layanan transfer dana terakait penerusan perintah transfer dari nasabah pengirim, yang sebelumnya wajib dilakukan paling lama dua jam sejak Bank Indonesia melakukan pengaksepan perintah transfer dana paling lama satu jam.

‘Peningkatan batas maksimal transaksi yang dapat diproses pada layanan transfer dana dan layanan pembayaran reguler yang sebelumnya maksimal sebesar Rp500 Juta (lima ratus juta rupiah), pertransaksi menjadi maksimal sebesar Rp1 Milyar (satu milyar rupiah) pertransaksi. “pungkasnya. (ud)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00