• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

BI Luncurkan QRIS, Satu QR Code untuk Semua Pembayaran.

19 August
21:29 2019
0 Votes (0)

KBRN. Makassar: Kemajuan Teknologi yang berkembang, kini mudah melakukan sesuatu dengan waktu yang lebih cepat, salah satunya dalam hal sistem pembayaran. Menjawab tantangan jaman, Bank Indonesia (BI) menetapkan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) agar sistem pembayaran dapat dilakukan secara cepat, aman serta mempermudah komunikasi antar penerbit QR dan Marchan. Tagline QRIS adalah Unggul; masyarakat lebih mudah dan flaxible saat bertrangsaksi menggunakan QRIS, Inclusif, universal untuk seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan domestik dan luar negeri, gampang; trangsaksi dilakukan dengan mudah dan aman dalam satu genggaman, untung; efisiensi dalam satu Code QR untuk semua Aplikasi, Langsung; trangsi cepat dan seketika mendukung kelancaran sistem pembayaran.

QRIS ini diluncurkan BI bertepatan dengan Peringatan HUT kemerdekaan RI ke-74 (17/08/2019) di Jakarta. Hal itu diungkapkan Kepala Grup Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Ripiah dan Layanan Adninstrasi BI Perwakilan Sulsel, Iwan Setiawan kepada para wartawan di BI Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Senin (19/08/2019).

Iwan Setiawan menjelaskan, standar Quick Response (QR) Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik serves based, dompet elektronik atau mobile banking yang disebut QR Code Indonesia Standar (QRIS), bertujuan untuk mendorong efisiensi trangsaksi, mempercepat inclusi keuangan, memajukan UMKM, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi untuk indonesia maju.

“Implementasi QRIS secara nasional efisien berlaku mulai 1 januari 2020, guna memberikan masa transisi persiapan bagi penyelenggara jasa sistim pembayaran (PJSP), Peluncuran QRIS merupakan salah satu implementasi Visi sistem pembayaran Indonesia (SPI) 2025 yang dicanangkan pada mei 2019”ujar Iwan Setiawan.

Iwan Setiawan mengatakan, untuk tahap awal, QRIS fokus pada penerapan QR Code Paymant model Marchant presentid mode (Mode pembayaran untuk dipindah oleh pembeli (custtomer) ketika melakukan trangsaksi pembayaran. Sebelum siap diluncurkan, spesifikasi teknis standar QR Code interconeksinya telah melewati uji coba (piloting) pada tahap pertama bulan september hingga november 2018 dan tahap kedua bulan April hingga Mei 2019.(Sarif)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00