• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pengerukan Saluran Irigasi

14 February
16:50 2020
0 Votes (0)

KBRN, Nganjuk : Pemerintah Kabupaten Nganjuk mengeluhkan saluran irigasi persawahan yang mendangkal akibat sedimentasi. Padahal, sudah memasuki musim hujan yang dikhawatirkan berdampak pada meluapnya air yang mengakibatkan banjir di area persawahan dan pemukiman warga. 

Kepala Dinas PUPR Nganjuk Gunawan Widagdo mengatakan, beberapa kecamatan kerap dilanda banjir karena meluapnya air dari saluran irigasi. Hal ini disebabkan pendangkalan karena banyaknya sedimentasi yang belum diangkat. Namun untuk melakukan pengerukan dan perawatan rutin Dinas PUPR terkendala masalah alat.

“Saluran irigasi yang ada memerlukan pengerukan total. Pihaknya berupaya mengeruk sebagian di saluran tersier. Jika tidak diantisipasi segera maka dikhawatirkan area persawahan di beberapa wilayah  berpotensi banjir,” ungkapnya, Jumat (14/02/2020).

Sementara itu, Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat mengatakan, sudah berupaya melakukan perbaikan saluran irigasi. Namun bertahap pengerjaannya.

Ia menambahkan, Diperkirakan ada sekitar ratusan hektare sawah yang terancam banjir jika saluran irigasi meluap. Terutama sawah-sawah yang berada di wilayah Nganjuk Utara dan selatan yang dialiri Sungai musire lor dan kuncir.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00