• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Perijinan Lebih Mudah dan Cepat dengan OSS

9 December
15:25 2019
0 Votes (0)

KBRN, Ngawi : Dengan pelayanan perijinan Online Single Submission (OSS) diklaim lebih cepat dan mudah. Hal itu terbukti, dari target 2000 perijinan tiap tahun, DPMPTSP Kabupaten Ngawi telah menerbitkan perijinan lebih dari 7500 perijinan hingga 30 November 2019`.

Kabid Perijinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ngawi Budiono mengungkapkan perijinan dengan berbasis online memiliki perbedaan yang signifikan dengan sistem konvensional. Sekarang ini, pengusaha maupun orang yang ingin mengajukan perijinan dapat melakukan secara mandiri, bahkan tanpa memindahkuasa hak atau informasi. 

“Perbedaannya sangat drastis. Kalau dahulu masing-masing pengusaha menguasakan atau mempercayakan kepada orang lain karena dahulu prosesnya konvensional. Sekarang digital, mereka dapat melakukan perijinan secara langsung, karena digital, lebih mudah dan harus mereka sendiri, karena data yang dimasukkan ke sistem OSS data pribadi mereka sendiri” kata Budiono(9/12/2019)

Budiono menambahkan prinsip transparansi juga diterapkan dalam sistem OSS, sehingga masyarakat dapat memantau atau mengawal tahapan proses perijinan dan estimasi waktu ijin terbit.

Menurut Budiono, DPMPTSP juga intensif melakukan sosialisasi mulai tingkat kecamatan hingga desa untuk memberikan pemahaman tentang perijinan dengan sistem OSS.  Tidak hanya itu, bagi masyarakat yang menghendaki perijinan secara konvensional, petugas akan mengarahkan dan memberikan edukasi untuk menggunakan perijinan dengan sistem OSS.

Budiono menjelaskan sistem OSS juga terintegrasi dengan dinas/instansi terkait. Dicontohkan untuk data Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dimasukkan ke OSS, akan diverifikasi otomatis sesuai data kependudukan di Dispencapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil).(Mk)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00