• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

RuangGuru.com Permudah Pelajar Mendapat Akses Pendidikan

6 December
17:03 2019
5 Votes (3)

KBRN, Madiun: Perkembangan teknologi merambah berbagai lini kehidupan tak terkecuali pendidikan. Pola hidup serba cepat, instan, dan praktis mempengaruhi cara berbelanja, bertransportasi, memesan makanan bahkan cara belajar. Dari melakukan sendiri beralih menggunakan sistem daring (online).

Inovasi di dunia pendidikan dengan adalah dibentuknya aplikasi belajar online salah satunya ruangguru.com. Seorang manager area ruangguru.com, Zaki Ramadhan mengungkapkan kemunculan aplikasi ini dimaksudkan untuk siswa sekolah supaya termotivasi belajar serta bijak menggunakan teknologi. Selain itu aplikasi ini memungkinkan keluarga dengan ekonomi menengah kebawah tetap dapat mengakses karena biaya yang ditawarkan dinilai terjangkau.

“Ruang guru adalah sebuah aplikasi media pembelajaran, sistemnya sama seperti bimbel (konvensional) namun kita ini online nya atau penerapan teknologinya. Bagaimana anak kita buat fleksibel untuk belajar melalui teknologi. Sasaran utama kita adalah siswa didaerah yang dia itu minat untuk belajar tapi kekurangan finansial karena benar-benar biaya kami itu murah sekali”, ungkap Zaki.

Dalam situsnya, ruangguru.com mengklaim setidaknya 326 pemerintah daerah di seluruh Indonesia sudah mempercayakan aplikasi ini sebagai pendamping siswa belajar. Kontribusinya bagi Indonesia adalah membantu siswa-siswi dalam belajar, serta mencetak lapangan pekerjaan bagi guru-guru untuk mendapat penghasilan tambahan.

Zaki menambahkan, Field Education Consultant (FEC) ruangguru juga sering memberikan edukasi kepada orang tua murid terkait pentingnya pendidikan.

“Kita memberikan smart parenting, kita kumpulkan komite dan wali murid kerja sama dengan sekolah. Sekolah support kami di sisi operasional mulai dari gedung dan lain-lain, kita support pemateri yang memberi wawasan terkait pendidikan”, pungkas Zaki.(HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00