• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Gelar Operasi Zebra, Kapolres Imbau Masyarakat Disiplin Berkendara

23 October
09:32 2019
0 Votes (0)

KBRN, Madiun : Satlantas Polres Madiun Kota melaksanakan Operasi Zebra Semeru 2019 di dua titik lokasi, Rabu (23/10/2019). Pertama, di Jalan Pahlawan depan Taman Makam Pahlawan (TMP). Kedua, di Jalan Raya Jiwan-Solo. Pelaksanaan operasi kali ini berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Di mana jika sebelumnya dilaksanakan secara terpusat, tahun ini dilaksanakan secara mandiri kewilayahan.

Kapolres Madiun Kota, AKBP Nasrun Pasaribu mengatakan, operasi dilaksanakan untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar lantas) pasca pelantikan presiden dan wakil presiden. Operasi ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

Kapolres mengharapkan operasi kali ini dapat meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya. Kemudian meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta menurunnya tingkat fatalitas korban laka lantas.

"Namanya penegakan hukum jadi ya dilakukan penindakan. Namun kita tetap selektif, tetap menjaga keamanan, menjaga sopan santun dan menjaga ketertiban. Humanis yang paling penting kita terapkan," ungkap AKBP Nasrun.

Adapun delapan prioritas pelanggaran lalu lintas yang menjadi sasaran operasi zebra meliputi, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar, pengendara kendaraan roda empat atau lebih yang tidak menggunakan safety belt. Selanjutnya pengendara yang melebihi kecepatan, menggunakan kendaraan dalam pengaruh alkohol. 

Pengendara kendaraan yang masih dibawah umur. Kemudian menggunakan handphone saat mengemudikan kendaraan, melawan arus serta keabsahan surat-surat kendaraan bermotor. Dijelaskan, operasi zebra bersandi Semeru ini dilaksanakan secara serentak selama dua pekan, mulai 23 Oktober hingga 5 November 2019.

  • Tentang Penulis

    Eka Wulan

    Reporter RRI Madiun, Kerjaaaa Kerja Kerjaaa !!!!!!! Semuangatttt

  • Tentang Editor

    Eka Wulan

    Reporter RRI Madiun, Kerjaaaa Kerja Kerjaaa !!!!!!! Semuangatttt

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00