• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Antisipasi Banjir, Pemkot Madiun Siagakan Petugas ‘Jogo Kali’

16 September
09:04 2019
0 Votes (0)

KBRN, Madiun : Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Madiun menyebut, perilaku masyarakat membuang sampah di sungai masih cukup tinggi. Hal itu berdampak pada pengendapan atau penumpukan sedimen.

Kepala DPUTR Kota Madiun, Suwarno mengatakan, pemkot berencana membentuk petugas ‘Jogo Kali’. Artinya, akan ada sejumlah petugas yang disiagakan di sungai untuk melakukan penanganan sungai agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan.

Upaya itu selain untuk menjaga keindahan sungai, juga sebagai langkah antisipasi banjir saat musim penghujan. Menurut Suwarno, program ‘Jogo Kali’ akan direalisasikan mulai tahun 2020.

“Pak wali (walikota) punya program untuk penanganan sungai. Akan ada semacam ‘Kali Jogo’ lah. Kalau nggak gitu masyarakat seenaknya buang sampah. Itu biasanya malam hari. Kemarin saja malamnya kita bersihkan, paginya sudah ada lagi. Satu plastik dibuang gitu, jadi sungai itu harus dijaga betul,” kata Suwarno, Senin (16/9/2019).

Sementara itu Walikota Madiun, Maidi mengungkapkan, pemkot nantinya menyiapkan rompi khusus untuk petugas ‘Jogo Kali’. Harapannya, petugas tersebut dapat mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai.

“Jadi sungai itu akan terkontrol. Kalau sungai itu kira-kira  ada masalah segera laporkan sehingga sungai itu betul-betul bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap walikota.

Orang nomor satu di Kota Madiun ini menghimbau masyarakat ikut berperan aktif menjaga kebersihan sungai. Dengan begitu volume air yang tinggi saat musim penghujan tidak meluber ke pemukiman warga.


  • Tentang Penulis

    Eka Wulan

    Reporter RRI Madiun, Kerjaaaa Kerja Kerjaaa !!!!!!! Semuangatttt

  • Tentang Editor

    Eka Wulan

    Reporter RRI Madiun, Kerjaaaa Kerja Kerjaaa !!!!!!! Semuangatttt

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00