• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Bupati Madiun membuka Grebek Sewulan

13 September
18:52 2019
0 Votes (0)

KBRN, Madiun : Bupati Madiun Ahmad Dawami membuka Grebeg Sewulan yang perdana di gelar di Desa Sewulan, Kecamatan Dagangan , Kabupaten Madiun, Jumat 13 sepetember 2019.

Bupati Madiun Ahmad Dawami mengatakan, diadakannya grebeg sewulan salah satunya bertujuan  untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang peninggalan budaya leluhur, sebab peninggalan leluhur memiliki filosofi yang tinggi untuk mengenal jati diri bangsa.

Dijelaskan saat ini perkembangan jaman memang begitu pesat, kadang orang yang duduk bersebelahan saja tidak berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya, namun sebagai masyarakat kabupaten madiun tidak boleh meninggalkan budaya tersebut, sehingga pemerintah kabupaten madiun terus mendorong di setiap desa menghidupkan budaya leluhur yang ada. 

Kaji Mbing berharap grebeg sewulan nantinya bisa di gelar setiap bulan muharam dan membawa dampak bagi masyarakat desa sewulan dan kecamatan dagangan serta dapat menjadi destinasi wisata, seni, budaya dan religi di kabupaten madiun.

Untuk di ketahui acara grebeg sewulan di gelar selama dua hari 13 dan 14 september 2019, di hari pertama dilakukan jamasan pusaka  dan ziarah makam kia ageng basyariyah yang merupakan leluhur KH. Abdurrahman wahid atau gusdur.

Lalu ada karawitan, tampilan kampung pesilat, lomba desain batik song- song , sendra tari retno dumilah, dongkrek, gembrung hafalan alquran, fashion show religi dan musik gambus.

Sedangkan di hari kedua atau tanggal 14 september merupakan puncak acara grebeg sewulan akan dilakukan kirab pusaka kyai ageng basyariyah, mulai dari kantor kecamatan dagangan hingga pendopo  eks pewedikan sewulan dan bruncah gunungan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00