• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pemkot Madiun Berencana Lakukan Pengadaan Laptop Siswa SD-SMP

11 September
14:36 2019
0 Votes (0)

KBRN, Madiun : Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun tahun depan berencana merealisasikan pengadaan laptop untuk siswa SD dan SMP negeri. Khusus untuk jenjang SD, diperuntukkan bagi siswa kelas 5 dan 6. Sedangkan bagi siswa SMP, diperuntukkan bagi siswa kelas dua dan tiga.

Hal itu disampaikan Walikota Madiun, Maidi usai acara forum kehumasan dan jumpa pers di ballroom Bima Hotel Aston Madiun, Rabu (11/9/2019). Dikatakan, pemkot nantinya menerapkan sistem pinjam pakai selama yang bersangkutan berstatus pelajar.

Pengadaan laptop bagi siswa di Kota Madiun mengadopsi dari Kabupaten Badung, Bali yang sudah tiga tahun berturut-turut mulai 2016-2018 malakukan kegiatan serupa. Secara umum, teknisnya sama seperti yang dilakukan Pemkab Badung.

“Kalau kita plafonnya tahap pertama itu untuk SD-SMP sekitar Rp40 Milyar. Intinya kita teknisnya sama seperti di Badung, karena Badung sudah teruji. Maksudnya mulai dari dicek BPK aman, kalau aman berarti kan bagus pola pengadaannya,” ungkap walikota.

Orang nomor satu di Kota Madiun ini memastikan bahwa pengadaan laptop nantinya melibatkan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D). Hal itu bertujuan agar kedepan pengadaan laptop tidak berujung ke masalah hukum. Disamping itu, pemkot ingin menerapkan sistem transparansi, sehingga tidak ada prasangka negatif di masyarakat.

Kegiatan tersebut juga menghadirkan Kepala Bidang Gudang dan Sarana pada Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung, Bali, Putu Roby Widya Harsana. Ia menyatakan, ada tiga kunci utama agar program pengadaan laptop. Yakni perencanaan yang matang, pelaksanaan kegiatan secara transparan dan pemanfaatan bagi proses pendidikan di sekolah.

“Juga harus dilakukan monitoring dan evaluasi (monev) pasca pembagian laptop ke siswa. Yang paling penting, monev jangan sampai terlambat. Kalau di Badung, kita cek laptop siswa satu-satu, digunakan untuk apa sebenarnya. Sehingga pemanfaatannya itu bisa dikontrol,” tandasnya.

  • Tentang Penulis

    Eka Wulan

    Reporter RRI Madiun, Kerjaaaa Kerja Kerjaaa !!!!!!! Semuangatttt

  • Tentang Editor

    Eka Wulan

    Reporter RRI Madiun, Kerjaaaa Kerja Kerjaaa !!!!!!! Semuangatttt

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00