• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kekeringan Meluas, 4.192 Warga Kekurangan Air Bersih

26 August
11:09 2019
0 Votes (0)

KBRN, Magetan: Kekeringan di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, meluas. Sampai saat ini sudah ada dua kecamatan yakni Kecamatan Parang dan Kecamatan Karas yang mengirimkan permohonan pengiriman (dropping) air dari pemerintah. Secara keseluruhan, terdapat peningkatan warga terdampak kekeringan dari 2.243 jiwa menjadi  4.192 jiwa.

“Secara keseluruhan jumlah jiwa yang terdampak itu 4.192 jiwa sebelumnya cuma 2.000an”, kata Putri.

Hal ini diungkapkan Staf Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Magetan Putri. Insert Putri

Staf lainnya, Resha mengatakan untuk mengatasi kesulitan warga terhadap kebutuhan air bersih, Pemerintah Kabupaten Magetan kemudian melakukan dropping air dengan menggunakan mobil tangki BPBD berkapasitas 6.000L. Dalam sehari BPBD Magetan melakukan 3 kali pengiriman air ke Kecamatan Karas.

“Dengan droping setiap hari di desa terdampak. Sehari untuk Karas 6.000L 3 kali datang”, sambung Resa.

Sampai sejauh ini kendala yang dirasakan hanya terkait jarak tempuh. Dari sumber air di Desa Sumber Dodol BPBD harus menempuh jarak kurang lebih 20km.

Sebagai tambahan kekeringan diprakirakan akan masih dirasakan sampai bulan November. Hal ini berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG, Kabupaten Magetan baru akan diguyur hujan pada bulan Oktober. (HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00