• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dinkes Kota Madiun Temukan 50 Penderita Positif DB

15 March
14:55 2019
0 Votes (0)

KBRN, Madiun : Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes dan KB) Kota Madiun sejak Januari hingga pertengahan Maret 2019 menemukan ada 50 orang positif demam berdarah (DB). Dari jumlah satu, satu orang meninggal dunia, tercatat warga Kelurahan Manisrejo.

Kepala Dinkes dan KB Kota Madiun, dr. Agung Sulistya Wardani mengatakan, hal itu karena penanganan yang terlambat. Meski begitu, angka penderita DB di Kota Madiun mulai berangsur menurun. Menindaklanjuti hal itu, petugas Dinkes telah melakukan berbagai upaya, salah satunya fogging atau pengasapan.

Teknisnya, satu penderita, satu fokus itu dua kali dilaksanakan fogging, yang jaraknya sepekan. Dr. Wardani menjelaskan, masyarakat diminta tidak hanya mengharapkan fogging, karena pengasapan tersebut bukan membunuh jentik nyamuk tetapi hanya mampu membunuh nyamuk dewasa.

“Sekitar 50an lah penderita yang posotif DB. Tapi akhir-akhir ini sudah agak menurun. Kemarin yang meninggal itu di Manisrejo. La ini masyarakat harus mengutamakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN-nya),” ungkap dr. Wardani, Jum’at (15/3/2019).

Dr. Wardani mengakui, 90 persen kelurahan di Kota Madiun kategori daerah endemis DB, sedangkan 10 persen lainnya kategori sporadis. Karena itu masyarakat diminta menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta tidak membiarkan wadah terbuka  dan tergenang air agar tidak mejadi sarang nyamuk.

  • Tentang Penulis

    Eka Wulan

    Reporter RRI Madiun, Kerjaaaa Kerja Kerjaaa !!!!!!! Semuangatttt

  • Tentang Editor

    Eka Wulan

    Reporter RRI Madiun, Kerjaaaa Kerja Kerjaaa !!!!!!! Semuangatttt

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00