• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Ini Aturan Baru SNMPTN 2019

10 January
09:12 2019
0 Votes (0)

KBRN, Madiun : Pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mulai tahun ini memberlakukan kebijakan baru di bidang seleksi penerimaan mahasiswa baru. Sejumlah kebijakan tersebut diantaranya, seleksi dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Menristekdikti, M. Nasir saat di Madiun, Rabu (10/1/2019) mengatakan, pola seleksi masuk perguruan tinggi tahun ini dilaksanakan melalui dua materi tes. Pertama, Tes Potensi Skolastik (TPS). Artinya, calon mahasiswa akan diukur pada kemampuan kognitif, logika/nalar dan pemahaman umum. Hal ini dianggap penting sebagai salah satu keberhasilan pendidikan formal, termasuk pendidikan tinggi.

Kedua, Tes Kompetensi Akademik (TKA). Untuk soal TKA, menggunakan pilihan Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) serta Sosial Humaniora (Soshum). Tes TKA ini akan mengukur kompetensi pengetahuan calon mahasiswa pada materi yang diajarkan di sekolah dan yang diperlukan saat mengikuti program studi yang dipilih. Materi seleksi masuk perguruan tinggi 2019 menggunakan soal High Order Thinking Skill (HOTS) atau soal dengan kemampuan analisa tinggi. 

“Selama ini kalau masuk perguruan tinggi kan daftar dulu baru ikut tes kemudian diterima atau tidak. Sekarang enggak, calon itu harus menerima nilai dulu, baru dia daftar. O ini saya cocok kalau ngambil bidang ini, selama ini kan hanya meraba-raba. Tiba-tiba kuliah gagal, la ini nggak mau saya,” ungkap M. Nasir.

Menteri, M. Nasir menyatakan, untuk jurusan Seni dan Olahraga juga tetap diberlakukan tes keahlian. Seperti jurusan olahraga, panitia seleksi akan menanyakan sertifikat keahlian yang dimiliki calon mahasiswa, termasuk perolehan medali pada  kejuaraan tertentu. Mereka juga diminta membuat video berdurasi 3-5 menit kemudian dipaparkan di hadapan tim seleksi. 

“Jadi jangan sampai orang cacat masuk di prodi olahraga, nanti nggak nyambung. Sehingga pengukuran ini bisa antara perguruan tinggi satu dengan yang lain hampir sama,” katanya.

Sesuai jadwal, tahapan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2019 diawali pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) mulai 4 Januari sampai 25 Januari 2019. Selanjutnya pendaftaran dilaksanakan mulai 4-14 Februari dan Pengumuman Hasil Seleksi dilaksanakan Maret 2019. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2019 dapat dilihat di website http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

  • Tentang Penulis

    Eka Wulan

    Reporter RRI Madiun, Kerjaaaa Kerja Kerjaaa !!!!!!! Semuangatttt

  • Tentang Editor

    Eka Wulan

    Reporter RRI Madiun, Kerjaaaa Kerja Kerjaaa !!!!!!! Semuangatttt

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00