• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Pemilu

Bawaslu Kota Madiun Copot APK yang Salahi Aturan Pemasangan

9 January
13:46 2019
0 Votes (0)

KBRN,  Madiun  :  Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kota Madiun, Rabu (9/1/2019) melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) di 3 kecamatan yang ada.  APK yang ditertibkan antara lain  yang dipasang  di tempat ibadah, dekat lembaga pendidikan dan kantor pemerintahan , melintang di jalan raya , ditambat di tiang listrik atau ditempel di pohon-pohon.

Komisioner Bawaslu Kota Madiun,  Mohda Alfian, ketika melakukan penertiban di kecamatan Kartoharjo mengatakan, pemasangan APK yang ditempel di pohon , ditambat di tiang listrik  dan melintang di jalan melanggar  Perwali nomor 3 tahun 2017 pasal 8 ayat 10 dan 11.    Sebelum melakukan penertiban   pihaknya telah memperingatkan   dengan memberikan rekomendasi kepada PPK yang selanjutnya diteruskan kepada peserta pemilu.  Namun setelah diperingatan, APK yang melanggar aturan itu belum juga dicopot, akhirnya Bawaslu dan Satpol PP Kota Madiun melakukan penertiban.  Menurut  Mohda Alfian, di kecamatan Kartoharjo saja saat ini terdapat  sekitar 150 APK yang pemasangannya  melanggar aturan.

“Untuk Kecamatan Karto ini, ada 150-an didaftar. Dan kemungkinan nanti kalau ada terpasang baru, bisa nambah”, kata Mohda.

Oleh karena itu, Bawaslu kota Madiun bekerjasama dengan instansi terkait akan terus melakukan penertiban setiap dua minggu sekali.  Atas penertiban ini, ada beberapa timses caleg dan pasangan capres/cawapres yang melakukan protes. Menurut Mohda,  dari yang protes itu ada yang menduga hanya APK miliknyalah yang ditertibkan.

“Mereka ini, ada juga yang meng-complain itu , dugaan mereka adalah dikhususkan hanya dia yang ditertibkan. Padahal  tidak.  Kita semua, apalagi yang melanggar, kita tertibkan”, kata Mohda Alfian.

Ia  meminta masyarakat untuk ikut mengawasi pemasangan APK para calon wakil rakyat tersebut. Jika warga menemukan ada yang menyalahi aturan, maka bisa melapor ke Bawaslu Kota Madiun.

Saat ini merupakan  tahap kampanye Pemilu 2019 yang berlangsung hingga 13 April mendatang.

Jumlah caleg yang telah ditetapkan KPU Kota Madiun sebagai peserta Pemilu 2019 sebanyak 325 orang yang akan memperebutkan 30 kursi yang ada di DPRD Kota Madiun.   (Haryo)

  • Tentang Penulis

    Moch. Haryono

    Ada Kepiting di Rumah Kaca ......... Ada Berita Penting, Silakan Dibaca

  • Tentang Editor

    Moch. Haryono

    Ada Kepiting di Rumah Kaca ......... Ada Berita Penting, Silakan Dibaca

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00