• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Live Music RRInet Madiun Hadirkan Musik Keroncong Kontemporer Tararoncong

5 January
22:22 2019
2 Votes (5)

KBRN, Madiun : Sajian Live Music RRINet Sabtu, (05/01/2019) malam menghadirkan salah satu Group musik yang unik dan berbeda dari Kota Madiun, Yakni Tararoncong.

Nama Tararoncong kini kian tak asing lagi di kalangan penikmat musik di Madiun dan sekitarnya. Tararoncong menjadi menarik karena merupakan sekelompok anak muda yang memilih mengambil genre berbeda dari kebanyakan.

Ya, Nuansa kental keroncong namun dengan kemasan kekinian membuat Tararoncong berhasil mencuri hati para peminatnya.

Digawangi Oyyi pada Basis, Miko pada Cak, Fatah pada cuk, Rizky pada Kojun, Keyboardis oleh Aling, Dinar pada Vocal dan Ian Gitar sekaligus Vocal.

Ian salah satu personil Tararoncong menceritakan bahwa mereka terbentuk secara tidak sengaja dari Sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) paduan suara bernama Saduta Madu Suara saat masih di Kampus, meskipun sebagian dari mereka ada yang masih menempuh kuliah. Nama Tararoncong merupakan kombinasi dari Nama UKM dan keroncong maka jadilah Tararoncong. Mulai merintis pada tahun 2012, Tararoncong resmi terbentuk di Madiun pada 26 April 2016.

" Ya kita iseng iseng lalu terbentuk aja. Lalu kita coba coba kombinasi, maka terbentuklah kita Tararoncong ", terang Ian, Sabtu, (05/01/2019).

Ian menjelaskan yang membedakan dengan keroncong kebanyakan adalah tidak menggunakan Cello Betot namun menggunakan Bass dan ada tambahan Kojun yang identik dengan musim Akustik.

Meskipun sebagian mereka kini sudah lulus dan menekuni berbagai profesi, mulai dari Guru hingga bekerja di perusahaan Ekspedisi namun mereka memiliki waktu khusus untuk berkumpul.

Dinar sang Vokalis yang  merupakan jebolan Bintang Radio RRI Madiun mengungkapkan hal yang sama

" Kita utamakan kekompakan dan kebersamaan ", ungkap Dinar.
Tararoncong juga pernah menjuarai salah satu kompetisi dan membuat Jingle untuk salah satu produk di Madiun.

Siaran kedua RRInet Madiun dalam program Live Music kali ini dipandu Dua Presenter Nea Mona dan Bintang Heraswadi yang disiarkan secara Langsung berjaringan Nasional, mulai pukul 20.30 hingga 22.00 WIB (YAF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00