• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Malam Purnama Suro, Saatnya Ganti Langse di Alas Ketonggo

24 September
22:30 2018
0 Votes (0)

KBRN, Ngawi : Pemerintah Kabupaten Ngawi menggelar upacara adat Ganti Langse di Alas Ketonggo Srigati Dusun Brendil Desa Babadan Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi, Senin(24/9/2018).
Kegiatan diawali Kirab Langse Enggal disertai Gunungan dan arak-arakan. Gunungan berisi hasil bumi dan makanan khas Ngawi. Sesampai di depan Palenggahan Agung yang menjadi titik utama, Bupati Ngawi menyerahkan Langse Enggal ke Kepala Desa kemudian diserahkan ke Juru Kunci.

Bupati Ngawi Budi Sulistyono mengatakan Ganti Langse merupakan kegiatan rutin setiap tahun pada malam purnama atau tanggal 15 bulan Suro dalam kalender Jawa. 

"Ganti Langse ini adalah acara tahunan. Lanse kain putih ini diganti setiap tahun. Ini menjadi ritual keyakinan langse ini harus diganti setiap tahun. Dan ada juga ruwatan membuang sengkolo. Ini oleh pemerintah Kabupaten Ngawi kami jadikan sebagai Wana Wisata Spiritual" kata Bupati Ngawi.

Usai Kirab Langse Enggal dilanjutkan Ruwatan Massal diikuti oleh ratusan peserta dari Kabupaten Ngawi serta daerah lain. Ruwatan dipimpin oleh Ki Dalang Salam dari Karangjati Ngawi.

Sementara Langse Enggal diinapkan di Pendopo hingga petang. Tepat setelah hari petang, Langse Enggal akan dipasang menggantikan langse lama. Penggantian langse dilakukan oleh Juru kunci dibantu beberapa orang. Disisi lain sambil menunggu ganti langse, hadirin di suguhi Pagelaran wayang kulit dan tarian tradisional Bedoyo Srigati dibawakan oleh penari yang masih suci (perawan) dan berjumlah ganjil.

Usai ganti langse dilanjutkan Hastungkoro atau kirim doa bersama dan syukuran. Usai rangkaian acara selesai, Langse Lawas dipotong kecil-kecil dan dibagikan ke pengunjung.

Pengunjung asal Bojonegoro Sumini mengaku datang ke Alas Ketonggo Srigati setiap acara Ganti Langse.  "Saya kesini sejak tahun 2000an, ya kesini untuk menyaksikan acara ini" kata Sumini.(Malik)

foto : Ngawikab

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00