• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

PD Bina Usaha Aceh Utara Bongkar Dua Bangunan Pasar Geudong

24 February
17:25 2020
0 Votes (0)

KBRN, Lhoksukon : Perusahaan Daerah Bina Usaha (PDBU) milik Pemkab Aceh Utara, melakukan pembongkaran dua bangunan Pasar Inpres Keude Geudong, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, dengan mengunakan dua alat berat (Ekskavator), Senin (24/2/2020).

Pembongkaran dua bangunan pasar yang dibangun tahun 1990 silam,  tujuannya untuk dilakukan revitalisasi bangunan baru dilahan pemerintah Aceh Utara melalui  PD Bina Usaha, walaupun sebelumnya para pedagang menolak untuk relokasi dan pembongkaran, sedang ada gugutan di Pengadilan Negeri Lhoksukon terkait wanprestasi dan belum ada putusan yang berkekuatan hukum tetap (inkrah).

Sementara pada saat alat berat merobohkan bangunan tersebut, sejumlah pedagang terlihat buru-buru memindahkan barang-barang jualan di pasar maupun dalam kiosnya, juga turut dijaga ketat ratusan personel  gabungan terdiri dari polri, TNI dan Satpol PP Aceh Utara.

Humas PD  Bina Usaha Aceh Utara, Abdul Halim Abe saat di wawancara kesejumlah wartawan dilokasi menyebutkan, sebelum pembongkaran bangunan pasar inpres tersebut pihaknya telah melakukan pendekatan dan sosialisasi kepada para pedagang untuk segera mengosongkan bangunan dan pindah ke lokasi yang sudah disediakan tidak jauh dari lokasi.

“Tidak ada aksi pedagang yang menghambat perobohan dua bangunan itu, dan dilokasi tersebut akan   membangun sekitar 69 bangunan baru, setalah siap akan ditempati kembali oleh pedagang yang telah direlokasi susua aturan,”kata kata Abdul Halim, Senin (24/2/2020).

Terkait penilaian masyarakat/ pedagang melalui kuasa PD Bina Usaha tidak menghargai proses hukum, itu tidak benar, karena pembongkaran itu tidak menyalahi hukum atau cacat hukum, sebelumnya hanya salah persepsi setelah diberikan pemahaman baru para sudah mengerti.

“Revitalisasi pasar baru ini, kita targertkan selama dua tahun,  kami harapkan dengan adanya Revitalisasi  banguan pasar lama tesebut, ke depan wajah kota Geudong akan lebih asri sebagai salah satu pintu masuk destinasi wisata islami, dan terhindar dari kemacetan arus lalu lintas.”pungkansya. (FUL/MS).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00