• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

12 Bilik Pesantren Darul Ulum Aceh Utara Terbakar

21 February
20:54 2020
1 Votes (0)

KBRN, Lhoksukon :  Sebanyak 12 bilik santri laki-laki Dayah Darul Ulum Gampong Paloh Kaye Kunyet, Kecamatan Nisam, Kabupaten  Aceh Utara, terbakar Jumat (21/2/2020) menjelang waktu shalat Jumat, tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut Namun semua isi bilik, berupa alqur’an dan kitab milik santri ikut tebakar.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan melalui Kapolsek Nisam Iptu Saprudin kepada RRI menjelaskan musibah kebakaran dayah berkontruksi kayu sebagian beratap rumbia dan seng tersebut pertama kali diketahui oleh salah satu santri, api berasal dari salah satu bilik.

“Dugaan sementara kebakaran dayah yang dipimpin Tgk M Yusuf Hasan (Abon Yusuf) terbakar itu akibat arus pendek listrik, tidak ada korban dalam semua tersebut, namun semua isi bilik ludes terbakar,  kerugian ditaksirkan mencapai Rp 100 juta sedangkan api baru bisa dipadamkan setelah empat  unit mobil armada kebakaran datang lokasi “.” terang Iptu Saprudin, Jum’at (21/2/2020).

Pemkab Aceh Utara Serahkan Bantuan

Sementara Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf bersama rombongan langsung datang ke lokasi kebakaran itu usai shalat Jumat. Wabup didampingi Kadis Pendidikan Dayah Aceh Utara,  Abdullah Hasbullah, Kadis Sosial , Zulkarnaini, menyerahkan bantuan masa panik kepada Pimpinan Dayah  tersebut.

Selain Wabup Fauzi Yusuf turut hadir Ketua DPRK Aceh Utara Arafat, Ketua KPA Wilayah Pase Tgk. H. Zulkarnaini Bin Hamzah, Ketua Harian DPW Partai Aceh, Tgk Fauzan Hamzah dan muspika plus

Wabup Fauzi Yusuf berharap kepada pimpinan dayah dan santri bersabar menghadapi cobaan ini, kerana musibah tersebut ada hikmahnya dan Pemerintah Aceh Utara merasa sangat prihatin atas musibah ini .

“Pemerintah Aceh UTAra akan membantu baik dalam masa panik ini maupun terhadap pembangunan infrastruktur yang rusak, termasuk kitab –kitab yang terbakar dan sudah meminta Dinas terkait untuk melakukan pendataan kerusakan akibat kebakaran tersebut. “pungkasnya, (FUL/MS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00