• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Iuran Naik, BPJS Kesehatan Dan FKRTL Tingkatkan Pelayanan

19 February
16:45 2020
0 Votes (0)

KBRN, Lhokseumawe : Sebagai salah satu Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) atau rumah sakit yang bermitra dengan BPJS Kesehatan, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Abby Lhokseumawe senantiasa melakukan berbagai inovasi untuk kemudahan layanan. Salah satunya adalah penerapan sistem antrean elektronik serta bed management yang sudah terhubung ke aplikasi Mobile JKN milik BPJS Kesehatan.

“Pasien yang mendapat rujukan dari faskes tingkat pertama ke RSIA Abby dapat langsung mengambil nomor antrean layanan secara online melalui aplikasi Mobile JKN, tinggal ambil nomornya dengan memilih menu pendaftaran pelayanan, langsung muncul nomor antrean layanannya,” ujar staf Admin Sistem SIMRS RSIA Abby, Ananda Ditha SN saat dijumpai oleh tim Jamkesnews, Rabu (19/02/20).

Ditha pun menjelaskan bahwa pasien dapat mengantongi nomor antrean layanan poliklinik di RSIA Abby tanpa harus datang ke rumah sakit terlebih dahulu.

“Kita sudah bridging dengan Mobile JKN, Nah jadi itu memudahkan pasien untuk mengambil nomor antrean dan melakukan pendaftaran dimana saja dan kapan saja melalui gadget masing-masing,” jelas Ditha.

Lebih lanjut Ditha pun menyampaikan bahwa kini pihaknya juga sudah memiliki sistem bed management atau sistem yang dapat digunakan pasien untuk mengecek ketersediaan tempat tidur secara real time melalui menu Ketersediaan Tempat Tidur di aplikasi Mobile JKN.

Dihubungi terpisah, direktur RSIA Abby, dr. Fatahillah membenarkan bahwa kini pihaknya tengah mengembangkan dan memaksimalkan beberapa sistem layanan yang tujuannya semata-mata untuk kemudahan dan kepuasan pasien peserta Program JKN-KIS.

“Saat ini, setiap harinya kurang lebih 100 pasien berkunjung ke poliklinik di sini (RSIA Abby) untuk mendapatkan pelayanan, maka dari itu kami mengembangkan sistem pengambilan nomor antrean melalui aplikasi Mobile JKN, nanti pada aplikasi tersebut muncul jumlah dan nomor antrean sehingga pasien tidak terlalu lama menunggu untuk bertemu dokter,” ujar Fatahillah.

Adapun antrean elektronik melalui aplikasi Mobile JKN dapat dinikmati peserta Program JKN-KIS untuk seluruh layanan rawatt jalan tingkat lanjut atau poliklinik di RSIA Abby, diantaranya Poli Anak, Poli Obgyn/Kebidanan, Poli Interna/Penyakit Dalam, Poli Bedah, Poli THT serta Poli Gigi. Disamping itu, untuk pasien yang hendak mengakses pelayanan rawat inap juga dapat memanfaatkan sistem bed management RSIA Abby yang juga sudah terintegrasi dengan Mobile JKN.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe, Manna pun mendukung penuh inovasi yang dilakukan oleh RSIA Abby dalam meningkatkan mutu layanan.

“Kini masyarakat bisa mengantre layanan sembari melakukan kegiatan sehari-hari lainnya, selain itu masyarakat juga secara mandiri bisa mengecek ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, jadi tidak ada lagi peserta JKN-KIS yang tidak terlayani dengan baik dan merasa dibeda-bedakan dalam hal kamar rawatan, kita bisa sama-sama memonitoring layanan kesehatan agar ke depannya bisa lebih baik lagi” pungkas Manna. (AL/MS)

00:00:00 / 00:00:00