• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Publik

Serobot Lahan Kuburan Untuk Lorong, Keluarga Almarhum Bongkar Batas Lorong

14 February
21:42 2020

KBRN, Lhoksukon : Seorang warga berinisal SM Gampong Blang kecamatan Tanah Pasir Aceh Utara, diduga telah menyerobot lahan kuburan Wakaf yang berada di desa setempat untuk dijadikan lorong (Jalan)  menuju rumahnya.

Setelah mengatahui lahan kuburan dijadikan lorong, Jum’at pagi (14/2/2020) pihak keluarga almarhum Mansyari membongkar pondasi yang dijadikan sebagai pembatas lorong yang sudah di cor oleh yang bersangkutan, karena pondasi batas lorong tersebut sudah mengenai pertapakan kuburan almarhum Mansyari dan sejumlah kuburan lainnya.

Salah seorang cucu Almarhum,  Heri Azwir (25)  menjelaskan awalnya disebelah kuburan kakeknya ada jalan setapak menuju ke rumah bersangkutan. Namun belakang diperluas dengan lebar lebih dari 2 meter, sehingga mengenai pertapakan kuburan kakeknya.

“Kuburan kakek kami berada di tanah wakaf, kondisinya sekarang sudah tertimbun pondasi milik SM, untuk dijadikan lorong agar bisa mudah keluar masuk mobil pribadi ke rumahnya.”kata Heri, Jum’at (14/2/2020).

Disebutkan, persoalan itu juga sudah diketahui oleh Geuchik setempat  dan pada saat  ingin membongkar pihak keluarga sudah memberihukan geuchik  sekaligus untuk membenton kuburan kakeknya sebagai tanda.

"Saya bersama keluarga sudah cor  kuburan kakek  kami setelah membongkar pondasi batas lorong itu dan  ditimbun jadi oleh yang bersangkutan sebagai pembatas lorong ” terangnya.

Sementara itu SM, saat dikonfirmasi RRI membantah telah menyerobot tanah wakaf dan  membantah ada kuburan yang masuk ke dalam lorong yang telah ditimbunnya itu. dan tidak akan permasalahkan beton yang telah dirusak serta membangun tanda makam di dalamnya.

“Setahu saya tidak ada kuburan disitu, saya yakin bukan disitu, karena  itu kuburan lama dan pihak keluarga tidak tahu letaknya dimana,  dan saya membeton bagian pinggir lorong itu agar timbunan tidak longsor ke lahan sebelah yang lebih rendah.”pungkas SM yang merupakan salah sorang kepala Sekolah Dasar (SD) di Tanah Pasir.(FUL/MS)

00:00:00 / 00:00:00