• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polres

Polisi Gabungan Temukan 4 Hektar Ladang Ganja

14 February
21:25 2020
1 Votes (5)

KBRN, Lhoksukon : Personel Gabungan Polres Aceh Utara dan Polres Lhokseumawe menemukan empat hektare ladang ganja di perbukitan kawasan Gampong Cot Mancang Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Jumat (14/2/2020) sore.

Penemuan ladang ganja tersebut, setelah mengungkap kasus ganja yang diselundupkan Ibu muda asal berinisial D (23) asal Kecamatan Nisam Antara, kepada suaminya di  Cabang Rumah Tahanan Negara (rutan) Lhoksukon, Aceh Utara pada Kamis (13/2/2020).

Selain menemukan sekitar 4 hektar lahan tanaman ganja, petugas juga turut mengamankan seorang tersangka berinisial H (40), pria asal warga Gampong Bale Gajah Kecamatan Nisam, Aceh Utara,  yang  diduga pemilik dari ratusan tanaman ganja itu .

Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin melalui Kasatres Narkoba AKP M Daud mengatakan penemuan ladang ganja tersebut, berdasarkan hasil pengembangan dari kasus penyuludupan ganja ke Rutan Lhoksukon yang dialakukan seorang perempuan.

“TSebelumnya Saksi D mengaku dirinya menerima ganja dari tersangka H, kemudian dilakukan pengembangan dan berhasil menangkap H dirumahnya, lalu H mengaku mendapat ganja dari ladangnya sendiri,” ujar AKP M Daud.Jum'at (14/2/2020). 

Disebutkan, dari hasil pengakuan H, kemudian Ppersonel polisi dari Polres Aceh Utara dan Lhokseumawe menuju lokasi ladang yang ada diperbukitan dengan berjalan kaki selama 2 jam dari jalanan terdekat, sesampai dilokasi menemukan sekitar 4 hektar ladang ganja .

“Ada sekitar 80 batang pohon ganja yang kita amankan sebagai sample barang bukti, dengan  ketinggiaannya bervariasi muali dari 15 cm  sampai dengan 200 cm, yang diperkirakan berusia  satu minggu sampai 6 bulan, Namun tersangka H mengaku jika lahan miliknya hanya 1 hektar,” ujar AKP M Daud.

Menurutnya, jumlah tanaman ganja yang ditemukan mencapai ratusan batang, mulai dari bibit hingga tanaman yang sudah siap panen, hanya sebagian sample barang bukti dibawa pulang sedangkan sisanya dibakar dilokasi.

“Tersangka H dan beberapa sample barang bukti dibawa pulang ke Polres Aceh Utara guna proses penyelidikan lebih lanjut” pungkasnya .(FUL/MS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00