• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Siasati Ketersedian Pakan Ternak, BUMG Kembangkan Pola Tanam Jagung

11 February
17:22 2020
0 Votes (0)

KBRN Lhokseumawe: Guna Mendukung Pembentukan Unit Penggemukan Sapi, (BUMG ) Badan Usaha Milik Gampong Blang Weu Baroeh Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe, giatkan Pola penanaman jagung dilahan Pertanian milik Masyarakat yang terbengkalai.

Kebutuhan pangan tidak hanya diperlukan bagi manusia, akan tetapi berbicara tentang penggemukan Sapi, sangat  diperlukan upaya dan terobosan untuk ketersediaan pakan ternak, Demikian dikatakan Dirut (BUMG) Badan Usaha Milik Gampong Blang Weu Baroeh, ketika memberikan penjelasan terkait Program percontohan penanaman jagung yang saling berhubungan antara pertanian dan peternakan yakni untuk menyiasati ketersediaan pakan ternak.

Sesuai sasaran dan tujuan BUMG Desa setempat yang menggunakan alokasi Dana Desa, Selain meninggkatkan pendapatan Asli Desa, kegiatan penanaman jagung di Areal persawahan tadah hujan, seluas 1 hektar ini, dikatakan Zulfikar, dilakukan dengan Konsep pemberian Pestisida dan bantuan bibit jagung kepada petani.Hasil panen jagung bisa meningkatkan pendapatan petani, Sementara petani  yang mendapat hibbah hanya memberikan batang juga daun jagung kepada BUMG yang akan dipergunakan untuk penggemukan sapi.

,”konsep nya kami berikan hibbah pestisida dan bantuan Bibit jagung kepada petani, Kita disini membukan Unit pengemukan sapi, oleh karena kita pakai pola penamanan jagung ini hanya untuk menyiasati bagaimana ketersidaan pakan ternak, jadi alhamduilillah karena  terintegritas  antara pertanian dan peternakan terntunya ini akan memberikan keuntungan yang saling mendukung,selain menambah pendapatan desa pola Penamanan jagung ini juga dapat  meningkatkan pendapatan petani lokal.Sebut Zulfikar , dirut BUMG desa Blanbg Weu Baroeh kecamatan Blang Mangat.

Terobosan dan pola peyiapan pakan ternak melalui kegiatan penamanan jagung perdana diraeal 1 hektar lahan sawah didesa tersebut, mendapat dukungan dari Kepala (DPMG)  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong  juga Kepala (DKPPP) Dinas Kelautan Perikanan Pertanian Pangan  kota lhokseumawe.

Selain memberikan dukungan terhadap Pola penanaman jagung  yang dilakukan secara Terintegritas, dikatakan Kepala DKPPP M, M.Rizal perlu dijadikan sebagai Contoh bagi BUMG desa lain untuk meningkatkan pendapatan Desa  juga untuk peningkatan Ekonomi Masyarakat.

Sesuai Program Nasional di Kementrian Pertanian dikatakan kepala DKPPP , sangat diperlukan pola pikir masyarakat untuk menghilangkan ketergantuan dengan pihak luar.

”Jadi melalui bantuan Bibit Jagung yang akan disalurkan  DKPPP tingkat Propinsi kami tawarkan Kepada Masyarakat, agar ikut melakukan penanaman jagung secara terintergritas, bagi Masyarakat yang punya lahan silahkan ajaukan permohonanan  kepada kami, DKPPP melalui program kerjasama  Ditingkat Propinsi , sedang melakukan penawaran kepada Msayarakat  sebagai (CPCL) calon petani penerima program Penanaman jagung pipil“,Sebut  Kepala DKPPP M. Rizal                 

Oleh karena itu dalam upaya meningkatkan dan memenuhi ketersedian pangan secara Nasional  kepala DKPPP M.rizal, pihaknya memberikan dukungan penuh terhadap Program penanaman jagung  yang dilakukan secara terintegritas yang saling berkaitan antara pertanian dan peretnakan. Dalam hal ini DKPPP juga menawarkan penanaman jagung  secara massal kepada masyarakat yang akan dikembangkan melalui dana bantuan tingkat Propinsi Aceh. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00