• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Serah Terima Kapal Yacht Tunggu Verifikasi Kepemilikan di Kemenhub RI

17 January
21:01 2020
0 Votes (0)

KBRN, Lhoksukon: Pemilik Kapal Yacht yang terdampar di perairan Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Jum'at (17/01/2020) Pukul 18.00 WIB, tiba ke Pelabuhan Internasional Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara.

Pria berkebangsaan Inggris itu, memiliki nama lengkap Peter Jeremy Daviv, didampingi seorang penerjemah bahasa dan pihak TNI AL dari Mako Lanal Lhokseumawe, serta Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Lhokseumawe, melihat langsung kondisi kapal miliknya yang sudah hilang sejak 04 Januari, dan ditemukan kalangan nelayan Krueng Mane, Kecamatan Muara Batu pada Sabtu, 11 Januari lalu.

Ia mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar, pada Jum'at siang, kemudian menempuh jalur darat menuju Lhokseumawe dan tiba pukul 18.00 WIB. 

Saat ini Peter menginap di salah satu Hotel di Kota Lhokseumawe, dan Sabtu 18 Januari besok, rencananya ia akan melakukan tes engine terhadap kapalnya tersebut.

Dalam keterangannya kepada RRI, didampingi penerjemah bahasanya, Peter menjelaskan bahwa Kapal miliknya itu memang terseret arus saat ditinggal oleh penyewa atas nama Steven Christopher sesuai dompet yang ditemukan di dalam kapal.

Penyewanya ketika itu meninggalkan kapal untuk makan malam (Dinner) ke pinggiran pantai di Thailand. Kapal saat itu, dalam posisi turun jangkar sedalam 15 meter. Kapal kemungkinan terseret arus laut, terang Peter.

Sementara Koordianator Keselamatan Berlayar Kantor KSOP Lhokseumawe, Yusriadi, menyampaikan, Peter juga sudah menunjukkan original dokumen kepemilikan, sebelumnya juga sudah mengirimkan softcopy bukti kepemilikannya.

"Sekarang sedang didalami dan diverifikasi kementerian perhubungan pusat", sebut Yusriadi.

Sejauh ini belum ada serah terima sebelum keluar hasil verifikasi bahwa benar yang bersangkutan pemilik kapal tersebut. 

"Sampai ada keputusan dari pusat terkait keabsahannya. Mudah-mudahan gak terlalu lama", pungkas Yusriadi ketika disinggung tentang proses serah terima.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00