• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kapal Yacht Terdampar di Aceh Utara, Ternyata Dilengkapi Kemudi Autopilot, Ini Spesifikasi Lengkapnya

17 January
17:25 2020
0 Votes (0)

KBRN, Lhoksukon: Pemilik Kapal Layar mewah (Yacht) yang terdampar di 15 mil perairan Krueng Mane, Kecamatan Muara Batu, dilaporkan akan tiba ke Lhokseumawe, untuk melihat fisik kapal yang saat ini di sandarkan di Pelabuhan Krueng Guekueh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, pada Jum'at (17/01/2020).

"Informasi pemilik kapal sudah On The Way (OTW) dari Banda Aceh ke Pelabuhan Krueng Guekueh. Perkiraan tiba jam 6 sore atau pukul 18.00 WIB", tulis Koordinator Keselamatan Berlayar, Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Lhokseumawe, Yusriadi, kepada RRI.

Disebutkan Yusriadi, Kapal Yacht tersebut memiliki panjang 11,99 meter, Lebar 4,08 meter, Kedalaman ruangan 2,05 meter. Gros tonnage (GT) 14 dan Net tonnage (4). Artinya, berat kotor mencapai 14 ton serta berat bersihnya 4 ton. Harga per unit Yacht ini diperkirakan mencapai milyaran rupiah.

Saat ini pemiliknya sudah diketahui berkebangsaan Inggris. Namun nama lengkapnya masih dicari tahu pihak KSOP Lhokseumawe. Namun Kapal itu memiliki satu tiang layar, dengan nomor lambung 5100 85497. Tertera juga tulisan bahasa Thailand di bagian depan, serta 400E Hanse Venture di bagian belakang bodi kapal. 

Sebagaimana yang pernah disebutkan oleh Panglima Laot Krueng Mane, Rusdi, mewakili pihak nelayan yang pertama sekali menemukan Yacht tanpa awak tersebut, pada Sabtu, 11 Januari lalu.

Kapal layar itu, memiliki tiga kamar tidur yang letaknya satu bagian depan, kemudian dua dibelakang terpisah kiri dan kanan. Ada juga dapur, Kulkas, hingga meja makan, dan fasilitas lainnya.

RRI juga melakukan penelusuran lebih jauh lagi untuk mencari tahu tentang performa Kapal layar "400E Hanse Venture" ini.

Di situs getmyboat.com trips disebutkan, Kapal Yacht itu adalah jenis kapal Carter. Bahkan di situs ini tertulis judul "Charter Hanse 400E "Venture" From Phuket, Thailand".

Kapal juga dilengkapi dengan spesifikasi teknis seperti Engine (mesin) diesel berkecepatan 6 knots, juga dilengkapi setir kemudi yang biasa difungsikan secara autopilot (otomatis). Dilengkapi juga alat elektronik navigasi plus GPS, AC, Musik, dan alat komunikasi.

Serta kelengkapan akomodasi seperti Kompor Gas, Oven, Kulkas, shower pancuran mandi di kamar mandi maupun dibagian geladak kapal (Deck Shower).

Berikut spesifikasi lengkapnya:

Technical Specifications

- Hull: GRP

- Engine: 40 hp diesel

- Diesel: 140 L

- Cruising Speed: 6 knots

- Steering: Wheel, autopilot

- Water: 300 L

- Electricity DC: 12 V

- Charging: Engine, Shore Power

- Electricity AC: Shore power

- Electronics & Navigations

- Navigation: GPS

- Instruments: Echo sounder, log,wind

- Communications: VHF

Accommodation & Toys

- Galley: Gas stove, oven, 2 refrigerators

- Cabins: 3 large cabins

- Showers & Heads:1 shower, 1 head

- Stern Platform: Stern platform, deck shower

Di situs ini juga tertera harga sewa perhari, yakni sekitar 591 dollar atau setara Rp 7 juta perhari.

"Send a booking Inquiry from $ 591/day", tulis situs tersebut.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00