• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Publik

Rumah Warga Penerima Bansos Di Aceh Utara Ditempel Stiker KPM-BPNT

14 January
13:25 2020
0 Votes (0)

KBRN, Lhoksukon : Pemerintah Kabupaten Aceh Utara melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Kabupaten setempat, melakukan penempelan ribuan stiker bagi Keluarga Penerima Mamfaat dan Bantuan Pangan Non Tunai (KPM-BPNT). Rumah yang ditempeli stiker tersebut sebagai tanda bahwa penghuni telah memperoleh Bantuan Sosial (bansos) dari Pemerintah, Selasa (14/1/2020).

Penempelan stiker secara simbolis di lakukan Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf di Desa Cibrek Kecamatan Syamtalira Aron, sesuai dengan Intruksi Kementrian Sosial Republik Indonesia No 1902/5/HK05-2/05/2019 Tanggal 9 Mei 2019 Tentang Pemasangan Daftar Nama KPM Bantuan Sosial ditempat Umum serta pemasangan stiker/cat label pada rumah KPM PKH dan BPNT.

Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf, menyebutkan pemasangan stiker tanda penerima bantuan sosial (bansos) PKH dari Kementerian Sosial, akan dilakukan di seluruh rumah-rumah penerima bantuan Bansos di Aceh Utara akan terus berlanjut.

 “Kita berharap dengan dilakukan penempelan stiker ini, timbulnya kesadaran masyarakat yang mampu sebagai KPM BPNT agar dengan kesadaran sendiri dapat mengundurkan diri, intinya pemasangan ini memberi dampak postif bagi pengurangan angka penerima BPNT, jadi yang berhak menerima adalah mereka keluarga yang benar-benar membutuhkannya.”harap Fauzi Yusuf, Selasa (14/1/2020).

Sementara itu, kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Aceh Utara Zulkarnaini melalui Kabid bantuan dan Jaminan Sosial, Mirodiatun Resi Nuriyati menyebutkan, Kabupaten Aceh Utara memiliki quota Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebanyak 54.333 dari total 54.581 KPM. Jumlah tersebut, sebagian besar merupakan KPM PKH, yaitu sebanyak 37,245 sisanya KPM BPNT sebanyak 17,088 KPM murni. 

“Penempelan sekitar 4000 stiker ini baru dilakukan secara simbolis di bagi 3 Kecamatan dari 27 Kecamatan dalam kabupaten Aceh Utara, yaitu Kecamatan Syamtalira Aron sebanyak 1210 KPM, Kecamatan Syamtalira Bayu Bayu 1750 KPM, dan Kecamatan Tanah Pasir 1040 KPM.

Disebutkan, tujuan penempelan stiker ini untuk memberikan tanda pengenal bagi KPM sebagai penerima yang sah Bantuan sosial, Baik BPNT, PKH, KUBE, UEP dan rumah tidak layak huni (RTLH), mereka KPM miskin yang menerima bantuan sosial dari Pemerintah.

“Penempelan stiker ini, untuk memberikan pemahaman kepada KPM jika bantuan yang diterima benar-benar mereka yang tergolong dalan keluarga pra sejahtera, dan jika ada KPM yang tidak bersedia ditempel stiker, berarti dengan sendiri mereka keluar dari KPM BPNT dan bantuan sosial lainnya.”pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00