• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Press Release

Pemerintah Desa Dan Karang Taruna Aceh Utara Resmikan Irigasi Pompanisasi

24 December
12:58 2019
0 Votes (0)

KBRN, Lhoksukon : Pemerintah Desa Alue Keujruen bersama Pengurus Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara, Perangkat Desa meresmikan satu unit bangunan rumah Irigasi Pompanisasi untuk mengairi air ke Persawahan warga masyarakat Petani Sawah Desa Alue Keujruen dari Program Pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa (P3MD) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBGampong) Desa Alue Keujruen Tahun Anggaran 2019.


Penyerahan kunci rumah Irigasi Pompanisasi secara simbolis diserahkan langsung oleh Pj Geuchik Gampong Alue Keujruen Sulaiman kepada Keujruen Blang disaksikan oleh Pengurus Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara serta Perangkat Desa dan tokoh masyarakat setempat, Selasa, 24/12/2019.


Pj Geuchik Gampong Alue Keujruen Sulaiman mengatakan pembangunan rumah irigasi pompanisasi ini merupakan sebagai wujud kepedulian Pemerintah Desa Alue Keujruen kepada Masyarakat Petani sawah, mengingat sampai saat ini Desa kami belum memiliki Jaringan sarana irigasi.


Sulaiman menambahkan untuk kelancaran pengelolaan air ke sawah warga, Pemerintah Desa Alue Keujruen telah membentuk Petugas Keujruen blang yang bertugas menyelenggarakan semua urusan yang berkaitan dengan tata persawahan dalam wilayah Desa Alue Keujruen. 


Kekuasaan Keujruen Blang itu meliputi bidang pertanian, pengairan, peruntukan dan transaksi tanah persawahan, lingkungan hidup, membentuk dan melaksanakan adat blang serta menyelenggarakan sejenis peradilan untuk menegakkan adatnya. 


Sementara Itu Tokoh Pemuda Kemukiman Matang Pangkat Kecamatan Tanah Luas Afrizal, SH.I,  meminta Pemerintah Provinsi Aceh dan Pemerintah Aceh Utara untuk membangun saluran irigasi demi untuk membantu masyarakat Petani sawah serta meningkatkan produksi dan produktivitas pangan, harapnya.


Afrizal, SH.I,  menjelaskan di Kemukiman Matang Pangkat Kecamatan Tanah Luas masih banyak Desa yang belum tersentuh dengan Jaringan Irigasi, seperti Desa Alue Keujruen, Desa Pulo U, Desa Paya Beurandang, Desa Alue Pangkat dan Desa Deng, belum lagi kita berbicara di Desa-Desa yang ada di Kemukiman Seuleumak Barat.


Sementara itu Ketua Karang Taruna Aceh Utara Sarjani, ST, mengucapkan terimakasih dan  mengapresiasi langkah Pemerintah Desa Alue Keujruen yang telah membangun Rumah Irigasi Pompanisasi kepada masyarakat Petani Sawah untuk mendukung kelancaran masyarakat dalam mengairi persawahanya demi meningkatkan produksi dan produktivitas pangan.


Sarjani Mengakui memang di Kecamatan Tanah Luas ada Desa di dua Kemukiman yang belum tersentuh dengan Jaringan Irigasi, Yakni Kemukiman Matang Pangkat seperti Desa Alue Keujruen, Desa Pulo U, Desa Paya Beurandang, Desa Alue Pangkat dan Desa Deng, sedangkan di Kemukiman Seuleumak Barat seperti Desa Serbajaman Tunong, Desa Punti SB, Desa Leuhong, Desa Cot Dah, Desa Alue Sijuek, jelasnya.


InsyaAllah dalam waktu dekat kami Karang Taruna Aceh Utara akan melaporkan hal ini ke Pemerintah Aceh Utara dan Pemerintah Aceh untuk mencari solusi supaya Desa-Desa tersebut akan ada Jaringan Irigasi demi untuk membantu Masyarakat Petani Sawah serta meningkatkan produksi dan produktivitas pangan, harapnya.(MS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00