• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Hilangkan Diskriiminasi Terhadap Penderita HIV/AIDS

1 December
15:35 2019
0 Votes (0)

KBRN Aceh Utara: Guna menumbuhkan kesadaran juga Menghilangkan Diskriminasi terhadap ODHA, Melalui Komisi Penangulangan Aids Pemerintah Daerah Aceh Utara Mengajak Masyarakat  untuk Meningkatkan Pengetahuan terhadap wabah Penularan Virus dan Membangun Kepedulian Penanggulangan HIV/AIDS.

Pentingnya pemahaman penyakit disebabkan melalui 4 media penularan virus yakni jarum suntik, Sex bebas/sesama jenis, transfusi darah tersebut dikatakan Sekretaris (KPA) Komisi Penggulanga Aids Aceh Utara Hj Cut Ratna irawati, Usai kegiatan donor darah pada peringatan Hari Aids Sendunia (HAS) di Aula Dinas kesehatan Aceh Utara, Minggu(01/12/2019).

Sesuai Tema Bersama Rakyat Meraih Sukses,  Peringatan Hari Aids Sedunia ,dikatakan Hj Cut Ratnawati SE, awalnya dimulai dari acara Senam Massal,namun tidak bisa dilaksanakan karena Situasi hujan. Sementara Kegiatan perlombaan melibatkan tenaga medis, masyarakat juga komunitas, tampak berlansung meriah, diantaranya Istri Bupati Aceh Utara juga ikut melakukan Donor Darah.

 Dalam kata sambutan nya hj Cut Ratna Irawati mengatakan, peran serta masyarakat, Khususnya Dinas terkait dan Pengelola Penanggulangan Aids sangat diperlukan untuk mengiatkan Kegiatan Penyuluhuan, dan Kegiatan Seminar sebagai bentuk Sosialisasi yang ingin disampaikan kepada masyarakat.

,”Jangan ada lagi penyebaran, tapi cukup kita mengobati apa yang telah ada sekarang, setiap ada orang yang mungkin terkena virus tolong segera melapor, periksakan diri ke Puskesmas terdekat, hal ini kita maksudka supaya kita bisa mencegah dan memnerikan obat, jadi sekali lagi kami harapkan partisipasi semua pihak untuk membantu penanggulangan Penyakit Aids, jadi mari Bersama Masyarakat Meraih Sukses,”Ujar Cut Ratna Irawati.

 selain kegiatan seminar  dan sosialisasi kepa masyarakat digelar beberap hari lalu,  Komisi Penaggulangan Aids di kabupaten Aceh Utara juga melonching Desa Peduli HIV di Kecamatan Dewantara. Data bagian Pengelolaan Program Penanggulangan Hiv Aids, Terhitung Tahun 2017 sampai akhir November tahun 2019 Ini , ditemukan 109 kasus terdiri  56 orang penderita  HIV dan penderita  AIDS sekitar 53 jiwa. Total jumlah tersebut dengan kumulatif kematian sekitar 55 orang, selebihnya masih menjalalani perawatan pihak medis .

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00