• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Kebutuhan Bawang Merah Di Aceh Utara Masih Dipasok Dari Luar Daerah

19 November
10:58 2019
0 Votes (0)

KBRN, Aceh Utara : Kebutuhan bawang merah secara umum di Kabupaten Aceh utara saat ini masih tinggi, bahkan pasokan bawang merah dari petani Kabupaten setempat tidak mencukupi sehingga untuk memenuhi kebutuhan bahan komoditas tersebut, Pemkab Aceh utara harus memasok bawang merah dari sejumlah Kabupaten baik di Aceh maupun dari wilayah Sumatera utara bahkan dari pulau Jawa,

" kebutuhan bawang merah kita Aceh Utara hampir 100 ribu ton per tahunnya, sedangkan hasil produksi kita hanya 40 ribu ton," pungkas Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara, Mukhtar, Selasa (19/11/2019).

Menurutnya, dibeberapa Kecamatan wilayah Aceh utara sudah ada kelompok tani yang menanam bawang merah, seperti Kecamatan Bandar Baru, Sawang, Muara Batu, Aron, Meurah Mulia, dan Lhoksukon.

 " kita sudah ada demplot petani bawang merah Itu sekarang yang sedang kita galakkan pada masyarakat. Jadi kita juga sudah mendapatkan hasil panen sekitar 10 ton per hektare, itu tersebar di beberapa kecamatan," ujaranya

Mukhtar menambahkan, Pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Pemerintah pusat telah memberi perhatian yang sangat besar untuk peningkatan hasil pertanian, diantaranya, membantu petani mulai dari bibit, pupuk, dan obat-obatan tanaman.

"Karena pada prinsipnya bawang merah ini memiliki potensi besar, tahun depan kami akan mengerakan perluasan demplot petani bawang merah, muda-mudahan terealisasi “ harap Mukhtar. (MS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00