• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Banjir di Aceh Utara Mulai Surut Warga Bersihkan Rumah

13 November
17:58 2019
0 Votes (0)

KBRN, Lhoksukon : Banjir yang sempat rendamkan ratusan rumah di Kecamatan Matang Kuli, Tanah Luas dan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (12/11/2019) pagi, akibat luapan Krueng (Sungai) Keureuto dan Pirak sudah mulai surut sejak Rabu (13/11/2019) pagi, Sejumlah warga mulai membersihkan rumah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara Amir Hamzah  kepada RRI mengatakan kondisi banjir saat ini sudah mulai surut, meskipun sejumlah rumah di tiga kecamatan masih tergenang air.

“Saat ini debit air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Keureuto terus menurun ke level 3,90 meter , sebelumnya  di level 4,40 meter sedangkan normal 1.20 meter, saat ini sebagian warga di sejumlah desa sedang membersihkan rumah dan pekarangan dari endapan lumpur,”kata Amir Hamzah, Rabu (13/11/2019).

Sebutkan walaupun debit air sudah mulai berkurang, hingga saat ini warga belum bisa melakukan aktivitas dengan normal,  bahkan Proses belajar mengajar di MTsN Matang Kuli masih lumpuh, karena ketinggian air di sekolah tersebut mencapai 50 centimeter.

“Oleh karena itu kita menghimbau masyarakat  yang tinggal di DAS untuk tetap waspada, karena diprediksi cuaca ekstrim disertai hujan lebat akan terus terjadi kapan saja, walupun demikian kita dari BPBD dan SAR Aceh Utara tetap siaga disejumlah lokasi bantu untuk melakukan pemantauan,” pungkasnya. (FUL).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00