• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

JPU Tuntut Hukuman Mati Terdakwa Kasus Pembunuhan Di Ulee Madon Aceh Utara

11 November
19:47 2019
0 Votes (0)

KBRN, Lhoksukon  :  Jaksa Penuntut Umum  (JPU) Kejari Aceh Utara, dalam sidang lanjutan yang digelar di Pengadilan Negeri Lhoksukon, Kabupaten setempat, Senin (11/11/2019) sore, menuntut hukuman mati kepada Aidil Saputra alias Aidil Ginting (40) asal Desa Sugiharjo Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, terdakwa dalam kasus pembunuhan  sadis terhadap istri dan dua anak tirinya di Gampong Ulee Madon Kecamatan Muara Batu Aceh Utara.

Materi tuntutan itu dibacakan Harri Citra Kesuma SH dalam sidang lanjutan  dihadapan ketua majelis hakim T Latiful SH didampingi dua hakim anggota Bob Rosman SH dan Maimunsyah SH, serta panitera pengganti Agus RM. termasuk didepan terdakwa dan  dua pengacaranya, Taufik M Noer SH dan Maulina SH.

Menurut JPU Kejaksaan Negeri Aceh Utara, Harri Citra Kesuma, terdakwa Aidil Ginting terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana dakwaan primer, Pasal 340 KUHP. tentang pembunuhan berencana sehingga menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana mati  dan menyebabkan keresahan masyarakat.

“Terdakwa Aidil Syahputra telah melakukan tindak pidana pembunuhan secara sengaja dan berencana, kita juga meminta agar barang bukti berupa tas, pisau lipat, pisau dapur dirampas untuk dimusnahkan serta terdakwa diperintahkan agar terdakwa tetap ditahan, karena,” terang Harri.

Setelah materi tuntutan selesai dibaca, kemudian ketua majelis hakim meminta kepada terdakwa untuk konsultasi dengan pengacaranya terkait tuntutan tersebut, kemudian pengacara tedakwa Taufik M Noer, menyatakan akan mengajukan pembelaan (pledoi) secara tertulis pada sidang lanjutan, setelah itu majelis hakim menutup sidang dan akan dilanjutkan pada Senin (18 /11/2019) dengan agenda pembacaan pledoi.

Diberitakan sebelumnya, Irawati Binti Nurdin bersama dua anaknya, Zikra Muniza (11) dan M Yazid (17 bulan) warga Gampong Ulee Madon Kecamatan Muara Batu Aceh Utara, ditemukan dengan kondisi bersimpah darah didalam rumahnya oleh warga setempat pada 7 Mei  2019  subuh.

Sehari kemudian tim Polda Aceh dan Polres Lhokseumawe berhasil menangkap Aidil Ginting dikawasan  Simpang Lambaro, Aceh Besar saat hendak melarikan diri ke Medan, Sumatera Utara Pelaku ditangkap di kawasan dekat Terminal Lambaro, Banda Aceh.(FUL/MS).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00