• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Akses Jalan Menujuh Makam Pahlawan Nasional Cut Meutia Masih Memprihatinkan

11 November
13:13 2019
0 Votes (0)

KBRN, Aceh Utara : Biasanya setiap Makam Pahlawan Nasional di seluruh Nusantara selalu dirawat pemerintah setempat. Tak terkecuali jalan menuju makamnya, namun hal berbeda terjadi pada makam Cut Meutia di Desa Alue Rime, Kecamatan Pirak Timu Kabupaten Aceh Utara.

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika akses menujuh makam salah satu pahlawan Nasional ini  berada di pelosok hutan kawasan Kecamatan Pirak Timu yang sangat sulit dilalui, bahkan membeutuhkan kendaraan khusus, seperti , jonder, mobil berjenis 4 WD, atau sepeda motor trail untuk dapat mencapai lokasi makam tersebut selain berjalan kaki.

Peringatan hari pahlawan 10 November 2019 menjadi bukti dimana akses jalan menujuh lokasi makam salah satu pejuang Aceh tersebut saat ini masih memprihatinkan ketika jajaran Kodim 0103 Aceh utara mengelar napaktilas ke makam Cut Meutia pada Sabtu 9 November sampai 10 November 2019.

 “ saya sudah 9 tahun mengurus makam ini, bahkan jauh sebelum dipugar oleh pemerintah, saat makam Cut Meutia hanya ada tanda kain putih nisannya “ ujara Mudawali penjaga makam Cut Meutia, mengawali perbincangan dengan RRI di lokasi makam Cut Meutia dikawasan hutan yang kini berstatus hutan lindung tersebut.

Menurut Mudawali, ada dua jalur akses menujuh ke lokasi makam Cut Meutia, membutuhkan jarak sekitara 22 Kilometer dari pusat Kecamatan Pirak Timu dan 27 Kilometer dari kawasan Batu Dua Belas Kecamatan Cot girek,

“ pemugaran jalan dulu mulai 2009 program TMMD, Dua tahun kemudian jalan itu rusak total bahkan kita tidak bisa melewati meski pakai kereta, saya harus memikul semen dan keramik untuk pemugaran dilokasi makam, dari dulu harapan saya kepada pemerintah agar memperhatikan akses jalan saja ke makam ini, itu saja harapan saya “ pinta Mudawali.

Pantauan RRI saat ikut serta napaktilas ke makam salah satu pejuang Aceh tersebut, tim napaktilas harus berjalan kaki menyusuri sungai sekitar 4 kilometer dari base camp jembatan gantung perbatasan Cot Girek dengan Kecamatan Pirak Timu untuk sampai ke lokasi makam Cut Meutia, sementara komunitas trail mengunakan jalur perbukitan yang curam dengan jarak tempu sekitar 2 kilometer. (MS)      

  

 

 

    

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00