• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya & Wisata

Dinas Pendidikan: Potensi Seni Budaya, Peluang Rebut Pasar Ekonomi Kreatif

30 October
20:25 2019
0 Votes (0)

KBRN, Lhokseumawe: Siswi SMA Negeri 5 Lhokseumawe, menampilkan beragam seni dan budaya khas Aceh, dalam Pagelaran Budaya yang diselenggarakan RRI Lhokseumawe, Rabu (30/10/2019), dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-91, bertema "Bersatu Kita Maju".

Dari atas panggung pagelaran yang bertempat di halaman sekolah setempat, para siswa dan siswi SMA Negeri 5 menampilkan kemahiran bidang seni yang selama ini ditekuni lewat kegiatan ekstra kurikuler sekolah. Diantaranya seni Rapa'i, seni tari kreasi, membaca puisi, menyanyi, hingga Stand Up Comedy.

Bahkan tari kreasi yang ditampilkan berjudul "Meureunoe" (belajar), dan baca puisi bertema Pemuda, sempat memukau para tamu yang hadir. Pasalnya, tari kreasi tersebut mengisahkan kisah suka dan duka dalam menimba ilmu di sekolah.

Pimpinan Dinas Pendidikan Provinsi Aceh Cabang Kota Lhokseumawe, Anwar Jalil,MPd, mengatakan, seni memiliki nilai penting dalam kehidupan manusia. "Potensi Seni dalam diri masing-masing siswa maupun sisiwi, bila dikembangkan akan menjadi ekonomi kretif sebagaimana yang sedang dikembangkan oleh Presiden Jokowi saat ini", kata Anwar Jalil.

Pribahasa Aceh menyebut Matee Aneuk Mupat Jeurat, Matee Adat Hana Pat Ta Mita (Mati Anak masih ada kuburnya, mati adat entah kemana). Peribahasa tersebut lanjut Anwar Jalil, mengandung makna bahwa kebudayaan memiliki arti penting untuk terus di jaga dan diwariskan kepada generasi penerus. "Hilang Budaya maka hilang roh dan jati diri sebuah bangsa", tegasnya.

Sementara Kepala RRI Lhokseumawe, Agung Prasetya Umar, menyampaikan bahwa RRI akan terus bekerja sama dengan berbagai sekolah dalam rangka mengekspos dan mengeksplorasi potensi remaja maupun warga masyarakat lainnya. "Di bidang seni maupun bidang lainnya", pungkas Agung Prasetya.

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00