• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

DKP Aceh Bentuk Forum Penanganan Tindak Pidana Kelautan Perikanan

23 October
14:00 2019
0 Votes (0)

KBRN, Lhokseumawe : Untuk meningkatkan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan tetap lestari di laut Aceh khususnya di Aceh Utara, Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Aceh menggelar sebuah kegiatan yaitu Forum Koordinasi Penanganan Tindak Pidana Perikanan Dengan Proses Hukum Cepat Tepat Dan Akuntabel di Op Room Hotel Diana Kota Lhokseumawe hari ini Rabu (23/10/19).

Kepada RRI Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Aceh melalui Kabid Pengawasan Kelautan Perikanan Aceh Dewiyana menjelaskan kegiatan yang dilakukan pihaknya ini bertujuan untuk menjalin koordinasi antara dinas kelautan dan perikanan dengan aparat pengak hukum serta instansi terkait dalam menjaga sumber daya kelautan yang dinilai semakin mengkhawatirkan adanya praktek ilegal fhising oleh oknum tidak bertanggung jawab.

“Di Aceh Utara kan sudah lama terbentuk sebuah Forum Koordinasi, makanya kita gelar diskusi ini untuk berdiskusi terkait persoalan yang ada dikelautan Aceh Utara”, ujar Dewiyana.

“Selain itu juga forum diskusi ini untuk mencari sosulusi terhadap pemersalahan yang berhubungan dengan pemerataan sumber daya kelautan dan perikanan sesuai dengan undang undang serta ketentuan yang berlaku”, tambanya.

Forum Koordinasi Penanganan Tindak Pidana Perikanan itu sudah berlangsung sejak hari Selasa (22/10/19) kemarin dengan menghadirkan tiga orang narasumber yang pertama dari Direktur Kepolisian Perairan Dan Udara Polda Aceh yang diwakili oleh Kasi Intel Air Subdidhakkum Ditpol Air AKP. Saiful Hadi SH, MH, kemudian dari Pangkalan TNI Angakatan Laut (Lanal) Lhokseumawe yang dihadiri oleh Palaksa Letkol Laut (Kh) Husni, S. Ag., serta yang ketiga pihak dari Kejaksanaan Negeri (Kejari) Lhokseumawe.

Adapun peserta diskusi hadir juga Kepala Dinas Kelautan Dan Perikan Aceh Utara serta beberapa instansi lembaga terkait lainya.

Dikesempatan akhir pada forum tersebut Palaksa Letkol Laut (Kh) Husni, S. Ag juga memaparkan beberapa materi yang dianggap penting untuk menjadi perhatian berdasarkan Pasal 25 A dari UUD 145 bahwa NKRI adalah sebuah negara kepulauan yang berciri nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan haknya ditetapkan dengan Udang-Udang.

Selain itu Palaksa Letkol Laut (Kh) Husni, S. Ag sempat mengingatkan kembali Deklarasi Djuanda yang menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar. Diantara dan didalam kepulauan Indonesia. Menyatu menjadi satu kesatuan kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tidak hanya itu Palaksa juga memaparkan tugas TNI AL secara universal seperti peran militel (Military Role), peran polisionil dan peran diplomasi. (AL/MS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00