• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Gugat Cerai Isteri Meningkat Di Pengadilan Mahkamah Syariah kota Lhokseumawe

22 October
15:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Lhokseumawe : penyelesaian konflik keluarga melalui mediasi,  Angka perceraian di Kota Lhokseumawe ditahun ini lebih meningkat dibandingkan tahun 2018 lalu.  Diantaranya disebabkan permasalahan ekonomi,  dan campur tangan pihak ketiga, serta  konflik rumah tangga  menjadi  alasan banyak gugatan  istri menggugat cerai suami yang berakhir putusan majelis hakim

Berdasarkan data kepaniteraan,Kepala bagian Humas Pengadilan Agama Mahkamah Syariah kota Lhokseumawe DRS.Muhammad Amin mengatakan, hingga memasuki  bulan Oktober ditahun ini, selasa (22/10/2019) pihaknya telah menerima sekitar sekitar 481 perkara seketa keluarga yang lebih didominasi pengajuan gugat cerai oleh kaum perempuan. Dari jumlah tersebut  sekitar 304 perkara guggat cerai diajukan kaum perempuan harus  berakhir dengan putusan perceraiaan oleh Majelis Hakim.

Sesuai peraturan Mahkamah Agung no 1 tahun 2016, dikatakan M. Amin, sebelumnya pihaknya telah melakukan kewajiban mediasi  untuk  mendamaikan Pasutri yang bersengketa,  akan tetapi  peluang mendamaikan kedua pihak tidak bisa tercapai karena berbagai alasan, mediasi kedua pihak tidak bisa dilakukan  dikarenakan tidak dihadiri oleh salah satu pihak.

,”Umumnya orang yang mengajukan gugatan  kepengadilan Mahkamah memang sudah ada proses sebelumnya, aparat kampung sudah dulaun memberikan mediasi , kebanyakan mereka mengajukan gugatan kemari hanya untuk  mendapatkan pengakuan secara sah, bahwa Sudah bercerai, kebanayakan seperti itu,” jelas Muhammad amin

Sementara untuk menekan  angka penceraian  yang terus meningkat dibandingkan tahun 2018 sekitar  468 perkara, dikatakan sangat  diperlukan penguatan pendidikan dalam keluarga, apalagi pasangan yang baru melaksanakan ikatan pernikahan. Peran penasihat perkawinan harus lebih optimal, dan fungsi mediasi orangtua dan lembaga lokal seperti lembaga adat dan tokoh agama perlu dilibatkan. Kepala bagian Hum,as Mahkamah Syariah kota lhokseumawe.M amin mengatakan, Meski demikian setiap kasus cerai terjadi perceraian.

,”Dari mediasi tersebut ada juga pihak isteri yang mengajukan cerai gugat dan pihak suami yang mengajukan cerai talak akhirnya bisa rukun kembali gugat dan cerai talak yang masuk, “ Jelas M.Amin.(FIK/MS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00