• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Walikota Resmikan Museum Kota Lhokseumawe

19 October
07:38 2019
0 Votes (0)

KBRN, Lhokseumawe : Walikota Lhokseumawe Suadi Yahya meresmikan Museum Kota Lhokseumawe di Jalan T. Hamzah Bendahara, Desa Mongeudong. Kecamatan Banda Sakti, setempat, Jumat (18/10/19).

Peresmian Museum Kota Lhokseumawe dilakukan secara simbolis ditandai dengan pemukulan rapa'i, pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti yang turut disaksikan dinas terkait MAA, pemangku adat, agama serta jajaran Muspika Kota Lhokseumawe.

Walikota Lhokseumawe, Suadi Yahya mengatakan Museum ini untuk memiliki fungsi mengumpulkan dan merawat benda bernilai sejarah. Ini tidak terlepas dari kerja keras semua pihak.

“Keberadaan Museum sangatlah penting dan bermanfaat sebagai sarana edukasi dan pembelajaran sejarah bagi anak-anak dan generasi Aceh khususnya Kota Lhokseumawe,” ujar Suadi Yahya.

Kata Walikota meskipun saat ini Museum Kota Lhokseumawe dengan keterbatasan sarana dan prasarana Pemko Lhokseumawe akan terus memperjuangkan guna membenahi kebutuhan baik itu sarana maupun prasarana.

Kepala Dinas Pendidikan Nasruddin melalui Kepala Bidang Kebudayaan Museum Kota Lhokseumawe, Rasyidin menyebutkan saat ini Museum Kota Lhokeumawe sedikitnya terdapat kurang lebih ratusan koleksi benda bersejarah terdiri dari barang perhiasan, mata uang, senjata tradisional, peralatan pertanian dan rumah tangga, serta alat musik etnik Aceh.  

Selain kegiatan peresmian Museum Kota Lhokseumawe, Rasyidin mengatakan pihaknya juga menggelar Pameran Seni Budaya di lokasi Museum yang akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 18 s/d 20 Oktober 2019.

Dirinya menambahkan kegiatan pameran diharapkan akan menambah ilmu sejarah bagi pengunjung serta daya tarik untuk mengentahui apa saja benda sejarah yang berada Museum Kota Lhokseumawe. 

“Ini merupakan bagian edukasi bagi masyarakat untuk mengenal dan mengetahui bila kota Lhokseumawe memiliki sejarah,” pungkasnya.(AL/MS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00