• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Pupuk Organik HANASA Aceh Utara Dilirik Pembeli Luar Negeri

18 October
16:13 2019
0 Votes (0)


KBRN, Lhokseumawe : Pupuk organik HANASA produksi kelompok tani Peternakan Tualang Lestari desa Blang Pohroh Kecamatan Nisam Antara Aceh dilirik sepuluh buyyer asal luar negeri.

Pupuk yang diolah dengan bahan baku kotoran lembu, kotoran kambing dan ayam itu saat ini sedang mengikuti event nasional Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 di BSD ICE Tanggerang selatan sejak Rabu 16 Oktober 2019 .

Luthfi Saifullah salah seorang pengurus Koperasi Peternakan Tualang Lestari Nisam Antara Aceh Utara kepada RRI Jum'at (18/10/19) mengatakan selama dua hari berada diacara TEI pupuk HANASA mulai dilirik dan diminati oleh sejumlah buyyer asal luar negeri.

"Alhamdulillah ada beberapa buyyer dari luar negeri seperti Australia, Filiphina, Madagaskar,  Euthopia, Pakistan dan banyak lagi lainya sudah menunjukan keseriusan terhadap pupuk HANASA ini", ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Luhtfi karena pupuk HANASA baru sekitar lima bulan diproduksi maka pihaknya masih perlu banyak melakukan tahapan administrasi pendukung guna memudahkan proses jual dan eksport

"Pupuk organik HANASA ini baru berdiri lima bulan, dan kita pahami masih ada perizinan yang perlu kita lengkapi terutama menganai uji mutu, uji efektifitas dan izin edar atau pendaftaran pupuk di Kementrian Pertanian", ungkapnya.

Jadi dalam hal mengikuti Trade Expo Indonesia 2019 ini adalah salah satu upaya dari Kementrian Koperasi dan UKM untuk menciptakan prodak siap eksport. 

"Mereka sangat konsen bersama Dinas Koperasi dan UKM Aceh untuk mendorong agar pupuk HANASA ini cepat memiliki izin edar sehingga memudahkan untuk eksport", jelas Luthfi (AL/MS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00