• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya & Wisata

Tradisi Unik, Pengantin Pria di Aceh Utara Naik Becak ke Rumah Pengantin Wanita

30 September
16:10 2019
0 Votes (0)

KBRN, Lhokseumawe : Sunguh bahagia terlihat diraut wajah Mulyadi (26) pengantin pria (Lintoe Baroe) asal Gampong Ujong Reuba, Kecamatan Meurah Mulia, Kabupaten Aceh Utara, yang diperlakukan pemuda setempat dengan tradisi unik untuk mengantarnya ke rumah Marlina (21) tidak lain pangantin wanitanya (Isteri) yang berada di Gampong Teungoh Reuba, Kecamatan yang sama, Senin (30/9/2019).

Tidak seperti resepsi pernikahan pada umumnya yang menggunakan iringan puluhan mobil dan sepeda motor, walaupun mempelai wanitanya merupakan tetangganya. Namun terlihat unik saat Mulyadi pengantin pria mendatangi rumah isterinya hanya dengan mengunakan becak dan warga berjalan kaki dengan menempuh jarak sekitar 600 meter.

Kenderan roda tiga (becak) telah dihiasi  oleh pemuda setempat, agar terlihat cantik dan diletakkan kursi ditengah becak agar terlihat Raja Siuroe dalam bahasa Aceh atau 'Teungku Linto Baroe'  juga dipayung oleh seorang pemuda di belakangnya  dengan mengunakan payung berwarna kuning keemasan berjalan menuju lokasi mempelai wanitanya. 

Salah seorang pemuda Gampong Ujong Reuba, Kecamatan Meurah Mulia, Muhammad Fazil kepada RRI mengatakan tradisi ini baru pertama kali dilakukan di Gampong Ujong Reuba, yang  merupakan inisiatif para pemuda  agar terlihat unik salah satunya dengan melakukan hal berbeda dari biasanya. 

“Tempat tinggal antara kedua mempelai ini berdekatan atau tetangga gampong, maka kita pemuda bersepakat menghias becak barang sebagai pengganti mobil, supaya membuat pengantin pria lebih gembira, tapi itu bukan sebuah tradisi atau adat di Gampong Ujong Reuba pada setiap momen seperti itu.”terangnya (FUL/MS).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00