• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Press Release

Siaga, Ini Realease BMKG Daerah Potensi Banjir September 2019 Wilayah Aceh

21 September
11:48 2019
0 Votes (0)

KBRN, Lhoksukon: Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, masuk dalam daftar Peta Prakiraan daerah potensi bencana banjir Indonesia dan Aceh bulan September 2019, yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 

Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Malikussaleh, Winda Retha Taranita, S.Tr, yang dikonfirmasi RRI, Sabtu (21/09/2019), Perihal Peta Prakiraan Daerah Potensi Banjir September 2019 yang di realeas BMKG tersebut. 

Dikatakan Winda, pada umumnya sesuai Peta Prakiraan daerah potensi banjir yang di realeas oleh BMKG, untuk wilayah Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa, Bireuen, Bener Meriah, dan Lhokseumawe, masih masuk ke daerah yang diprakirakan memiliki potensi banjir aman hingga rendah. 

"Iya masih masuk dalam peta Prakiraan potensi banjir aman hingga rendah. Di Peta kita beberapa wilayah tersebut kita beri tanda warna hijau", jelasnya lagi. 

Sedangkan yang masuk kategori potensi banjir skala menengah dengan tanda warna kuning meliputi Aceh Barat di Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat Daya meliputi Kecamatan Blang Pidie, Kuala Bate, Lembah Sabil, Manggeng, Setia, Susoh, dan Tangan-tangan. 

Kemudian Aceh Selatan meliputi Kecamatan Kluet Utara, Samadua, Sawang, Tapaktuan, Trumon, dan Trumon Timur. 

Aceh Singkil meliputi Kecamatan Pulau Panggung, Simpang Kanan, dan Singkil. Sedangkan Aceh Tengah di Kecamatan Pegasing serta Kabupaten Aceh Tenggara di Kecamatan Lawe Alas. 

Namun sewaktu - waktu potensi daerah rawan banjir itu bisa berubah tergantung keadaan cuaca, sebab hingga bulan September belum masuk masuk musim penghujan. BMKG akan terus merealeas dan memperbaharui Peta daerah potensi banjir dalam setiap bulannya, tegas Winda Retha Taranita kepada RRI Lhokseumawe. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00