• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kabut Asap Kiriman Terpantau Di Lhokseumawe, BMKG Sarankan Pakai Masker

17 September
17:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Lhokseumawe : Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandara Malikussaleh Kabupaten Aceh Utara, sejak Selasa (17/09/2019) siang, mengeluarkan peringatan waspada terhadap kabut asap yang diduga bersumber dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) wilayah Sumatera. 

Dikatakan Prakirawan BMKG Stasiun Bandara Malikussaleh Aceh Utara, Febri, kabut asap mulai menyelimuti wilayah udara Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara. 

"Pantauan BMKG Banda Udara Malikussaleh, kabut asap sudah mulai terdeteksi, dengan jangkauan jarak pandang 3 kilometer", Sebut Febri kepada RRI. 

Namun rinci Febri, kabut asap yang mulai terpantau di wilayah Lhokseumawe masih tipis, dan tidak separah di Provinsi lain seperti di Riau, Sumut, Sumsel, dan Jambi.

"Kita perkirakan asap ini berasal dari Provinsi tersebut. Asap kiriman, karena arah angin yang bergerak menuju wilayah kita sekarang", Sebut Febri pula. 

Untuk itu, BMKG menghimbau warga masyarakat untuk berhati-hati dalam berkendaraan, seiring potensi menurunnya jarak pandang, menganjurkan untuk menggunakan masker ketika melaksanakan aktifitas di luar ruangan, serta banyak minum air saat beraktifitas di luar rumah untuk menjaga kesehatan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00