• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Publik

PMI Terapkan Prinsip Pertolongan Enam Jam Pasca Bencana

17 September
12:14 2019
0 Votes (0)

KBRN, Lhokseumawe : Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Lhokseumawe, tetap membantu Pemerintah dalam hal bantuan Penanggulangan Bencana, sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi). 

PMI diharuskan menerapkan prinsip 6 jam. Prinsip ini maksudnya ketika setelah 6 jam terjadinya bencana, PMI harus sudah berada di lokasi kejadian. 

"Prinsip enam jam ini berlaku ketika enam jam setelah terjadinya bencana, PMI harus sudah berada di lokasi. Jadi itu PMI terdekat. Misal umpamanya di Kota A terjadi bencana. Itu dalam enam jam, Kota B dan Kota C harus memback-up Kota A, jika kapasitas bencananya itu terjadi besar", ungkap Ketua Markas PMI Lhokseumawe, Muhammad Wali, disamping Sekretaris, Agam Khalilullah, kepada RRI, dalam perbincangan pagi program Wawancara, Komentar dan Opini (Warkop) edisi, Selasa (17/09/2019) bertema "Peran PMI Dalam Kebencanaan" dalam rangka HUT PMI Ke-74 pada 17 September 2019. 

Dikatakan Kepala Markas PMI, prosedur 6 jam setelah bencana itu, berlaku seluruh Indonesia, tidak hanya di Aceh saja. 

Prinsip 6 jam setelah bencana juga sudah pernah diterapkan dalam beberapa kejadian bencana di Aceh. "Kalau yang sudah coba kita lakukan itu terutama di Aceh Utara pada saat terjadinya banjir dalam skala besar pada tahun 2017. Terus Gempa Pidie Jaya juga kita sudah lakukan prinsip ini", ungkap Muhammad pula merincikan. 

Sementara Sekretaris PMI Lhokseumawe, Agam Khalilullah, dalam perbincangan tersebut menambahkan, persoalan bencana ini merupakan hal yang tidak terduga, dan kapan saja itu bisa terjadi. 

Hal yang paling penting harus dilakukan, menurut Agam, adalah proses pencegahan. Jangan sampai menunggu bencana kita baru bersahabat dengan alam. "Jangan sampai terjadinya jatuh korban, baru kita bersahabat dengan alam", tegasnya. 

Dialog Warkop yang disiarkan Programa Satu (Pro 1) 89.30 Mhz RRI Lhokseumawe, Pukul 09.00 - 10.00 Wib tersebut, juga menghadirkan narasumber dari Staff Relawan PMI, Tya Purnamasari. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00