• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Publik

Simulasi Bencana di RRI, Karung Gula 50 Kg Disulap Jadi Tandu Evakuasi Korban Bencana

13 September
18:59 2019
0 Votes (0)

KBRN, Lhokseumawe : Tim Search And Rescue (SAR) Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara, Jum'at (13/09/2019) pagi mensimulasikan penanganan korban bencana gempa Bumi dan penanganan pertama pada kejadian kebakaran, di kantor RRI Lhokseumawe. 

Tim SAR bahkan mempraktekkan cara memberikan pertolongan kepada korban gempa baik yang meninggal dunia, luka berat, luka ringan, hingga yang patah tulang, hanya dengan menggunakan peralatan tradisional murah dan gampang di dapatkan dalam keadaan darurat. 

Para Karyawan dan Karyawati RRI berperan sebagai korban, tim Evakuasi, tim medis, tim posko dan pelaporan data. Skenarionya dibuat seolah - olah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 6,8 magnitudo, Lalu korban berjautuhan, Selanjutnya manajemen RRI Lhokseumawe, dengan sigap mengendalikan situasi darurat bencana, menolong Karyawan maupun Karyawati yang menjadi korban, namun tetap mengendalikan kegiatan Penyiaran di tengah situasi panik tersebut. 

Tim Evakuasi bergerak cepat memberikan pertolongan dengan membuat tandu dari karung gula atau karung beras kemudian mencari korban. Tim Evakuasi juga dibekali kemampuan menangani korban kritis dan patah Tulang juga dengan alat tradisional yakni menggunakan rol kayu dan pembalut. 

"Ini adalah standar pertolongan pertama kepada korban bencana menggunakan peralatan tradisional. Pihak RRI juga harus mensosialisasikan standar ini kepada masyarakat luas dalam siarannya", harap Ketua Tim SAR Kabupaten Aceh Utara, Hasbullah Ali. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00