• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Geuchik dan Tuha Peut Tanah Pasir Ikuti Kegiatan Pembekalan Tugas

12 September
21:23 2019
0 Votes (0)

KBRN, Lhoksukon : Sebanyak 18 Geuchik (Kepala Desa)  dan tuha peut dalam kecamatan Tanah Pasir Aceh Utara, mengikuti pembekalan tugas , agar apatur gampong mengetahui tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) masing-masing, di gelar di Aula Kantor camat setempat, Kamis  (12/9/2019).

kegiatan yang di fasilitasi masing masing gampong turut menghadirkan pemateri diantaranya Kasubag Pemerintahan Mukim dan  Gampong, Mansur dan  Kasi pembinaan teknologi tepat guna (TTG) Dinas pemberdayaan masyarakat, pengendalian penduduk dan keluarga berencana Abdullah. 

Kasubag Pemerintahan Mukim dan Gampong Mansur dalam paparanya menyampaikan Geuchik dengan Tuha Peut, ibarat Bupati dengan Legislatif, mereka harus  mengatahui tugas dan wewenangnya masing-masing sehingga tidak terjadinya tumpang tindih dalam menjalankan roda pemerintahan di tingkat gampong.

“Tuha Peut banyak fungsi dan tugas, diantaranya pengawasan terhadap kinerja Geuchik, melalui Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD), dan musyawarah sehingga melahirkan Qanun (Peraturan) gampong termasuk pengawasan Laporan pertanggung Jawaban (LPJ) Geuchik,”kata Mansur, Kamis  (12/9/2019).

Sementara Kasi pembinaan teknologi tepat guna (TTG) Abdullah menambahkan, semua apatur gampong  selaku Pemerintah Desa terdiri dari Kepala Desa dan Perangkat Desa, yang meliputi Sekretaris Desa dan lainnya harus mengatahui fungsi dan tugasnya meupun wewenangnya.

“Jika sudah mengatahui tugas dan wewenangnya masing masing termasuk tim pelaksana kegiatan (TPK)  program-program pembangunan yang dilaksanakan di desa khususnya mengunakan dana desa akan terlaksana dengan baik, dan tidak beruurusan dengan hokum, “pungkasnya. (FUL/DY) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00