• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Puluhan Desa Di Muara Batu Pamerkan Beragam Inovasi

22 August
19:21 2019
0 Votes (0)

KBRN, Lhoksukon ; Sebanyak 24 desa (Gampong) Dalam kecamatan Muata Batu, Kabupaten Aceh Utara. mengikuti Bursa Inovasi Desa(BID)  di Aula Kantor Camat camat Setempat Kamis, (22/8/ 2019).

Dalam kesempatan itu puluhan gampong memamerkan beragam inovasi dalam bentuk produk gampong, yakni kerupuk ikan bandeng, keumamah tabur dan tas kerajinan tangan. sementara  dalam  Tim Pelaksana Inovasi Gampong (TPIG) turut melibatkan kepala Desa (Geuchik) ketua tuha peut, dan direktur BUMG dari 24 gampong.

Camat Muara Batu, Andri kepada wartawan mengatakan, Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa ini bertujuan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa agar menjadi solusi bagi penyelesaian masalah, atau alternatif kegiatan pembangunan desa yang lebih efektif dan inovatif  

"Selanjutnya akan membuat komitmen bersama apa saja yang di Replikasikan dalam APBDes tahun 2020,khususnya program inovasi desa seperti ini, tentunya kami lebih teliti dalam rangka membatu program atau kegiatan tersebut."terang Camat Kamis, (22/8/ 2019).

Menurutnya, Dalam bursa ini akan ditampilkan tas kerajinan Aceh dan juga produk usaha dalam bentuk kuliner, mungkin itu salah satu potensi yang ada di tempat kami (Kecamatan Muara Batu).

"Kami sekarang juga sedang mendata usaha-usaha lainnya yang mungkin tidak masuk di dalam bursa inovasi tersebut, dengan harapan ke depan khususnya aparatur desa di Kecamatan Muara Batu, dapat memanfaatkan dana desa (DD) tahun 2020 itu harus ada kesembangan antara pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat."harapnya.

Ketua Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Muara Batu, Mulyadi, mengatakan, dengan ada kegiatan ini desa desa bisa pamerkan inovasinya dalam bentuk produk yang dihasilkan dari ide-ide kreatif berdasarkan potensi desa masing-masing di Kecamatan Muara Batu.

Sementara Koordinator Tenaga Ahli PID Aceh Utara, Ir. Muhammad Ismail, menyebutkan, dalam BID ini ditampilkan produk gampong yang sudah terbukti keberhasilannya, dikembangkan masyarakat di bidang perdagangan di Kecamatan Muara Batu.

“Kita akan mengembangkan Produk Desa (Prodes) agar di setiap desa itu ada produk unggulan. Bahkan, ke depan juga dikembangkang Program Unggulan Kawasan Pedesaan di Aceh Utara sesuai potensi masing-masing, seperti di Kecamatan Tanah Pasir ada pandai besi terdiri dari pisau, parang, samurai, dan segala macam. “pungkasnya. (FUL/MS).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00