• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

PT. Pindad (Persero) Diharap Melirik Karya Anak Bangsa Wirelees Pengendali Senapan Jarak Jauh

22 August
16:41 2019
0 Votes (0)

KBRN, Lhokseumawe : Ririn Efendi mahasiswa Politeknik Negeri Lhokseumawe berharap wireless pengendali gerakan senapan jarak jauh hasil karyanya mendapat perhatian oleh perusahaan industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer yaitu PT. Pindad (Persero). Hal itu disampaikan Ririn Efendi usai dialog bersama RRI Kamis (22/08/9).

“Saya berharap semoga aja pihak PT. Pindad (Persero) melirik wireless pengendali senapan jarak jauh ini, paling tidak bisa menjadi alutsistanya TNI Indonesia”, ungkapnya. 

Perangkat pengendali gerakan senapan dari jarak jauh secara wireless itu berbasis mikrokontroller yang dapat menggerakkan senapan 180 derajat arah horizontal  dan 60 derajat arah vertikal,  serta dapat mengontrol gerakan pelatuk senapan untuk melakukan tembakan menggunakan joystick dengan bantuan perangkat android untuk memonitor sasaran tembak.

“Kelanjutan hasil karya ini belum ada komunikasi yang lebih jauh dilakukan baik secara individu saya maupun pihak kampus”,pungkasnya. 

Lebih jauh dijelaskannya keuntungan dari perangkat tersebut yaitu dapat lebih meningkatkan akurasi tembak, selain juga pada saat  didalam arena pertempuran yang sesungguhnya akan melindungi si user dari tembakan peluru musuh.

Pada perangkat pengendali senapan ini jenis senapan yang digunakan adalah senapan angin laras panjang uklik canon 737 dengan kaliber 4,5 mm. Hasil uji tembak yang telah dilakukan Efendi untuk jarak tembak 10 – 20 meter rata-rata akurasi dengan alat pengendali itu adalah 97%, dan pada jarak tembak 30 meter rata-rata akurasinya mencapai 90%. (DY) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00