• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Ratusan Kabel Grounding PLN ULP Lhokseumawe Dicuri

19 August
15:41 2019
1 Votes (5)

KBRN, Lhokseumawe : Di tahun 2019 hingga bulan Agustus ini Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Lhokseumawe telah kehilangan ratusan kabel gronding akibat di curi oleh orang tidak dikenal (OTK).

Menurut penjelasan dari Manajer PLN ULP Lhokseumawe Mukhtar Juned Kepada RRI selama ini tragedi kehilangan sejumlah alat listrik milik PLN khusunya kabel grounding sering dialami oleh pihaknya, hanya saja tidak terpublikasi sehingga disangka PLN tidak memiliki masalah saat mendistribusikan arus listrik kepada pelanggan.

“Kabel gronding yang dicuri OTK seluruhnya memiliki kadar kuningan mahal dan berukuran panjang delapan meter pada setiap gardu dan tiang listrik”, ujar Manajer PLN ULP Lhokseumawe Muhktar Juned Senin (19/08/19).

“Rata-rata kerugian yang kami alami atas kejadian tersebut pertiang listriknya 15 juta rupiah”, ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan Manajer PLN Unit Layanan Pelanggan Lhokseumawe Mukhtar Juned, kabel grounding yang dicuri oleh OTK merupakan sebuah perangkat untuk mengantisipasi sambaran petir.

“Maka jika disetiap gardu atau tiang listrik tidak lagi memiliki kabel grounding akan mengakibatkan rusaknya berbagai alat elektronik milik pelanggan yang menggunakan arus listrik, yang rugi masyarakat juga kan”, tambahnya.

Oleh karena itu/ ia berharap kepada masyarakat untuk melaporkan jika mendapati orang yang curigai sedang mencuri kabel listrik milik PLN. (ALB/DY)  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00