• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

252 Warga Binaan Lapas Lhokseumawe Dapat Remisi Hut Kemerdekaan

17 August
15:28 2019
0 Votes (0)

KBRN Lhokseumawe: Hari ulang tahun Kemerdekaan RI ke 74 merupakan Hari yang penuh makna bagi Narapidana yang saat ini sedang menjalani pembinaan dilembaga permasyarakatan. Kegembiraan mendapatkan pengurangan masa hukuman ini terlihat jelas diraut wajah sejumlah Napi kelas 2a Lhokseumawe usai pembacaan keputusan Menteri Hukum dan Ham Republic Indonesia dibacakan Kalapas Nawawi dihapan Walikota dan unsur Muspika sabtu siang tadi.

Sesuai keputusan (Direktorat Jenderal Kemasyarakatan Kemenkumham RI) Menteri Hukum dan Ham, hanya Sebanyak  252 Narapidana (napi) dilapas kelas II a  lhokseumawe  yang mendapatkan pemotongan hukuman atau remisi dalam rangka HUT Ke-74 RI.  Adapun besarnya remisi  tersebut Dirincikan secara berfariasi Antara 1 bulan sampan dengan 6 bulan pengurangan masa tahanan. Dari jumlah itu, ada 3 napi yang langsung bebas.

 Tidak semua Napi berhak menerima pengurangan massa tahanan, dari jumlah sekitar 502  warga Binaan menjalani vonis  hukum dilapas ini, hanya sekitar 252 orang yang dinilai memenuhi kriteria persyaratan diajukan secara online  untuk mendapatkan Pemotongan masa tahanan dalam rangka Hari Kemerdekaan RI. Mereka terdiri 174 Kasus narkotika dan 77 orang napi kasus pidana umum serta 1 orang  napi kasus Tipikor 

 ,”Pengajuan  remisi sekarang ini dilakukan secara online, jika  kita usulkan remisi terhadap narapidana yang belum memenuhi syarat, maka akan langsung ditolak sistem , oleh karena itu sesuai ketentuan hanya sekitar 252 orang yang dinilai memenuhi syarat diusulkan untuk mendapatkan remisi pemotongan masa tahanan," jelas Nawawi Kalapas Kelas 2a Lhokseumawe

 Selain menampung sekitar  502 Orang Narapidana, dilapas kelas 2 a lhokseumawe juga terdapat sekitar 50 orang tahanan, secara keseluruhan mereka terdiri sekitar 532 orang laki laki, 18 orang perempuan serta 2 orang anak anak.

 Sementara usai Penyarahan Keputusan kementrian Hukum dan Ham terhadap pengurangan masa tahanan 252 warga binaan dilapas ini, Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya juga menyerahkan bingkisan kepada tiga orang napi yang dinyatakan bebas setelah dikurangi pemotongan masa tahanan (Remisi) dihari kemerdekaan RI ke 74. (FIK/DY) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00