• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

PAG Tandatangani Mou Dengan Unsyiah Dan Unimal

17 August
08:50 2019
0 Votes (0)

KBRN, Lhokseumawe : Guna bersama-sama mewujudkan pembangunan Perekonomian di Provinsi Aceh, Perta Arun Gas melakukan sinergi dengan 2 Institusi Pendidikan Aceh, Universitas Syiah Kuala dan Universitas Malikussaleh melalui Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Penjajakan Kerjasama dalam Bidang Teknis, Sosial, Ekonomi dan Sumber daya Manusia, Jumat (16/8/2019).

Bertempat di Pendopo Wakil Gubernur Provinsi Aceh Penjajakan kerjasama dengan Unimal ditandatangani oleh President Director PAG, Arif Widodo, & Rektor Unimal, Dr. Herman Fithra, S.T., sedangkan dengan Unsyiah, Penjajakan kerjasama  ditandatangani oleh Arif Widodo  dan  Perwakilan dari Unsyiah, disaksikan oleh Plt. Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah M.T.  

MoU ini menjadi landasan kerja sama dalam melaksanakan dan mempercepat perwujudan program pembangunan di Aceh, khususnya di Lhokseumawe. Untuk Mou yang ditandatangani antara PAG & Unsyiah, ruang lingkup pekerjaan yang dilakukan Unsyiah meliputi bidang pengkajian seperti pekerjaan pengukuran bathymetri, Kemudian melakukan kajian ekonomi terkait usaha penyediaan cold storage bagi komoditi dari daerah sekitar, melakukan kajian sosial ekonomi komoditi-komoditi yang dapat memberdayagunakan cold storage, melakukan kajian analisa dampak lingkungan, serta berbagai kerjasama lainnya.

Sedangkan MoU PAG dengan Unimal, ruang lingkup kerjasama meliputi pembuatan kajian pariwisata oleh Unimal terkait usaha pelestarian dan pemberdayagunaan potensi pariwisata di wilayah Kota Lhokseumawe melakukan kajian teknis dan ekonomi di wilayah Kawasan Ekonomi Khusus Arun Lhokseumawe (KEKAL), serta berbagai kerjasama lainnya.

Dalam Sambutannya, President Director PAG, Arif Widodo menyampaikan bahwa kerjasama ini adalah kerjasama pertama yang dilakukan dengan Unsyiah serta Unimal.

"Dengan adanya pengembangan bisnis baru PAG diharapkan dapat  membuka kesempatan lapangan kerja baru sehingga PAG dapat ikut berpartisipasi dalam pembangunan perekonomian di Provinsi Aceh”, Jelas Arif.

“ Kajian – Kajian yang nantinya dilakukan oleh unsyiah untuk Bisnis Cold Storage Lhokseumawe yang direncanakan oleh PAG, diharapkan dapat memicu pertumbuhan ekonomi yang ada di sekitar Lhokseumawe. Sedangkan kajian pariwisata yang dilakukan oleh Unimal, diharapkan bisa memobilisasi pergerakan massa dan menciptakan peluang – peluang baru bagi perekonomian masyarakat“, Tambah Arif.

Sementara itu, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah yang turut menyaksikan Penandatanganan MoU mengharapkan langkah-langkah pembahasan selanjutnya yang bersifat teknis dapat berjalan dengan lancar, sehingga kerjasama dalam berbagai aspek ini dapat segera terwujud dan diimplementasikan sehingga bermanfaat bagi semua pihak terutama untuk pembangunan Provinsi Aceh. 

“Penandatanganan MoU ini tentunya merupakan suatu kemajuan dan prestasi yang layak diberi apresiasi, baik kepada PAG, Unsyiah & Unimal. Hal ini juga menjadi dasar bagi semua pihak untuk membentuk kerjasama yang saling memberikan manfaat satu sama lain“, Ungkap Nova. 

Nova juga berharap berbagai Perusahaan yang ada di Provinsi Aceh dapat bersinergi dengan institusi – insitusi Pendidikan yang ada di Aceh, sehingga pemberdayaan sumber daya manusia di Aceh akan semakin meningkat kualitasnya. 

Turut hadir dalam acara ini Jajaran Pemerintah Provinsi Aceh, berbagai Pimpinan Perusahaan, Technical & Operations Director PAG, Dody Noza didampingi Management PAG (AL/MS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00