• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Bupati Aceh Utara Akan Koordinasikan PT. RPPI Dengan Gubernur Aceh

16 August
21:33 2019
0 Votes (0)

KBRN, Lhokseumawe : Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib menerima tuntutan Gerakan Masyarakat Pasee Peduli Air (GEMPUR) yang menolak keberadaan operasional perusahaan PT. Rencong Pulp And Paper Industry (RPPI) dikawasan hutan Aceh Utara.

Kepada RRI Jum’at (16/08/19) usai mendengarkan Pidato Kenegaraan di Gedung DPRK  Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib atau yang akrab disapa Cek Mad menjelaskan pihaknya sebagai Pemerintah Daerah  tidak bisa melakukan tindakan lebih jauh terhadap PT. RPPI, lantaran surat izin operasional perusahaan dikeluarkan langsung oleh Pemerintah Provinsi dalam hal ini Gubenur Aceh.

“Gak bisa, kita gak bisa bikin tindakan apa-apa, karena kita hanya meminta kepada PT. RPPI untuk menjalankan sesuai dengan peraturan Pemerintah Pusat kepada dia (PT.RPPI) itu aja”, jawab Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib saat disinggung tindakan Pemkab untuk persoalan tersebut.

Namun jika melihat dampak dari keberadaan PT. RPPI terhadap kehidupan masayrakat di sekitar perusahaan, Bupati Aceh Utara akan membangun komunikasi yang lebih serius dengan Gubernur Aceh untuk mencari solusi atas kasus tersebut.

“Tapi yang jelas kita tidak diam, apalagi masyarakat sudah tidak menerima karena akibatnya fatal terhadap lingkungan hidup”, ungkapnya.

Seperti dibertiakan hari Kamis (15/08/19), sejumlah masyarakat dan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Pasee Peduli Air (GEMPUR) melakukan aksi penggalangan koin di seputaran Taman Riayadah Kota Lhokseumawe, kegiatan itu merupakan bentuk protes terhadap keberdaan PT. Rencong Pulp And Paper Industry yang dinilai sangat merugikan warga  di 13 Kecamatan Kabupaten Aceh Utara, karena keberadaan aktifitas PT. RPPI yang menebang pohon dihutan akan berdampak pada krisis air bagi kebutuhan 264.920 jiwa. (AL?MS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00