• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Diduga Dokter Terlambat Masuk, Pasien Puskesmas Tanah Luas Terlantar

17 July
17:35 2019
1 Votes (5)

KBRN, Lhoksukon : Pelayanan di Puskesmas Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara,  menuai keluhan dari masyarakat, karena petugas medis maupun dokter yang bertugas di puskesmas itu sering terlambat masuk kerja.

Akibatnya, sejumlah pasien maupun masyarakat yang akan mendapatkan pelayanan kesehatan maupun mengambil rujukan di Puksesmas tersebut, terpaksa harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk menunggu kehadiran  petugas medis maupun dokter. Rabu (17/7/2019).

Salah satu keluarga pasien asal Kecamatan Tanah Luas,  Sarifah yang ingin mengambil rujukan untuk keluarganya kepada RRI mengaku, Ia bersama warga lainnya datang ke Puskesmas sejak pukul 08.00 WIB, Namun sejumlah ruangan petugas medis maupun dokter masih kosong, sehingga terpaksa harus menunggu satu jam lebih untuk mendapatkan pelayanan kesehatan maupun yang ambil rujukan.

“Dokter baru masuk kerja atau datang kepuskesmas sekitar pukul 09.30 WIB,  dan kondisi ini sering terjadi, hanya dipelayanan kartu yang ada petugas, kami harapkan hal ini ke depan tidak perlu lagi terjadi. Karena masyarakat benar-benar membutuhkan pelayanan kesehatan dipuskemas tersebut,” harapnya, Rabu (17/7/2019).

Kepala Puskesmas Kecamatan Tanah Luas, Azmi SKM, M.Kes, saat konfirmasi RRI mengaku, dokter telat masuk hari ini, karena yang bersangkutan ada keperluan keluarga, sedangkan sebelumnya masuk tepat waktu, apalagi  dokter yang bertugas di puskesmas Tanah Luas, tinggal dikecamatan setempat.

“Saat ini kita memiliki tenaga dokter dua orang, satu diantara masih berstatus sukarela, walaupun demikian pelayaan kesehatan di Puskesmas tetap maksimal, Namun yang menjadi kendala saat ini hanya pelayanan surat rujukan online, akibat jaringan internet sering bermasalah, karena rujukan itu melalui online,” terang Azmi.

Sementara kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Utara, Khalmidawati menyebutkan, terkait ada keluhan dari masyarakat tertang terlambatnya masuk dokter, sudah disampaikan kepada kepala Puskesmas setempat.

“Kita sudah sampaikan ke Kepala Puskesmas untuk membuat teguran tertulis kepada yang bersangkutan dan kedepan kami akan upayakan untuk mencari dokter tambahan,” pungkasnya.(FUL/MS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00