• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Stok Blangko KTP Disdukcapil Aceh Utara Kosong

16 July
12:14 2019
0 Votes (0)

KBRN, Aceh Utara : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Utara sejak beberapa bulan terakhir tidak memiliki stok blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, Akibatnya. banyak warga setempat mengeluh belum bisa mendapatkan e-KTP.  Untuk sementara waktu ini.

Kepala Disdukcapil Aceh Utara, Muhammad Zulfhadli, mengatakan, pada Juni lalu jajaran dinas terkait sudah mengajukan permintaan blanko e-KTP, namun ternyata di Ditjen Dukcapil Kemendagri juga sedang kosong. Blanko e-KTP diajukan sesuai kebutuhan,

“ misalnya dalam satu bulan 5.000 keping. Namun, yang dipenuhi belum tentu sesuai jumlah pengajuan. Jika diajukan 5.000 keping, biasanya hanya dikirim 2.000 hingga 3.000 keping, Begitu stok blanko habis atau tersisa sekitar 500 keping, maka kita ajukan kembali. Tahapan pengajuan blanko ke pusat (Ditjen Dukcapil) memang seperti itu," pungkas Kadisdukcapil Aceh Utara, Selasa ( 16/07/2019).

Menyikapi kondisi tersebut, Menurut Zulfhadli, Disdukcapil setempat mengeluarkan suket (surat Keterangan.red) kepada warga yang belum memiliki e-KTP lantaran blanko sedang kosong, tetapi untuk blangko KK maupun Akte kelahiran masih mencukupi.

Perekaman e-KTP tetap dilakukan sambil menunggu dikirim blanko dari Ditjen Dukcapil. Masyarakat yang belum memiliki e-KTP di Aceh Utara sekitar 10 persen dari jumlah yang wajib KTP.

"Artinya, masih banyak warga yang belum memiliki e-KTP dari kalangan pemula maupun yang sudah berumur. Bagi masyarakat yang hendak mengurus e-KTP dipersilakan, karena suket yang dikeluarkan itu berlaku selama enam bulan. Jadi, enam bulan sebelum habis masa berlaku itu bisa dilapor kemari (Disdukcapil)," ujar Zulfhadli.

Pihaknya juga menyampaikan kepada para camat untuk meneruskan ke geuchik agar bagi masyarakat yang belum melakukan perekaman e-KTP segera ke Disdukcapil.(MS)

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00